Samsung Bikin Laptop Layar Lipat Galaxy Book Fold, Ini Bocoran Spesifikasinya
Samsung akan meluncurkan laptop layar lipat Galaxy Book Fold 17 (Gagadget)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung dikabarkan akan merilis produk barunya yakni laptop layar lipat bernama Book Fold 17. Sebelumnya, Samsung telah sukses merilis smartphone layar lipat seri Galaxy Z Fold. Samsung juga sudah meluncurkan video promosi laptop layar lipatnya di kanal YouTube.

Kabar tersebut dibocorkan oleh Ice Universe melalui akun Twitter-nya. Akun tersebut membagikan hasil screenshot-nya lengkap dengan nama perangkat laptop. Produk terbaru Samsung tersebut dijadwalkan akan diluncurkan dengan nama Galaxy Book Fold 17.  

Hadirnya angka 17 di belakang namanya itu merujuk pada ukuran layar laptop yang belum dilipat memiliki ukuran 17 inci OLED. Layar tersebut diklaim minim blue light. Selain itu, Samsung juga menghadirkn konsep inovatif lainnya seperti membekali laptop dengan kamera yang ditempatkan di bawah layar.

Laptop layar lipat buatan Samsung bukanlah yang pertama, sebelumnya Lenovo sudah mengembangkan konsep serupa dengan menghadirkan laptop ThinkPad X1 Fold. Laptop tersebut terkenal dengan performa gahar karena menggunakan chipset Intel Lakefield. Sebagai informasi, chip Lakefield merupakan uapaya Intel menghadirkan prosesor yang kuat dan efisien. Namun upaya tersebut dinilai belum berhasil.

Intel kembali menghadirkan chip Alder Lake dan diklaim lebih baik dari generasi sebelumnya. Meski demikian, hingga saat ini belum ada sumber yang memberitakan informasi yang lebih detail mengenai produk terbaru Samsung, yakni Galaxy Book Fold.

Menurut Slash Gear, belum ada sumber yang mengumumkan tanggal peluncuran Galaxy Book Fold 17. Meski demikian, perkirakan perilisan laptop layar lipat buatan Samsung itu akan diumumkan dalam waktu dekat. Hal tersebut tergantung pada kecocokan kinerja operting system Windows 11 dengan perangkat layar lipat.

XDA Developers menyebutkan bahwa Samsung telah menghadirkan sejumlah perangkat laptop Windows yang mumpuni seperti Galaxy Book Go dan Galaxy Book Pro. Kemunculan laptop layar lipat dari Samsung makin meramaikan inovasi perangkat teknologi seperti laptop.