Peneliti di AS Ciptakan Kaos Pintar, Bisa Monitor Detak Jantung
Kaos pintar bisa mendeteksi detak jantung. (foto : Rice University)

Bagikan:

JAKARTA - Selama ini orang yang gemar berolahraga membutuhkan jam tangan pintar atau monitor chest strap untuk memantau detak jantung mereka. Tetapi kini, terdapat alternatif lain selain menggunakan smartwatch, yakni dengan smart t-shirt.

Para peneliti dari Rice University, Houston, Amerika Serikat (AS) mengembangkan kaos atletik yang dapat memonitor detak jantung pengguna selama olahraga. Kaos yang terbuat dari benang karbo nanotube ini, memungkinkan pengguna tetap dapat mengawasi kondisi tubuh tanpa perangkat tambahan, seperti dikutip dari Slashgear, Kamis, 2 September.

Dijelaskan peneliti, benang tersebut dijahit ke dalam kaos atletik biasa, yang memungkinkan pemantauan detak jantung dan ekokardiogram berkelanjutan dari pemakainya karena karbon nanotube sama konduktifnya dengan logam tradisional.

Lebih lanjut, penggunaan serat karbon nanotube juga merupakan keputusan yang tepat karena bisa dicuci dengan mesin. Menariknya, benang dengan serat ini juga fleksibel sehingga tidak mudah putus ketika pengguna melakukan banyak gerakan selama berolahraga.

Diklaim para peneliti, smart t-shirt ini mampu bekerja lebih baik daripada monitor chest strap, dalam mengumpulkan data pengukuran langsung. Tidak hanya itu, t-shirt juga kompatibel dengan monitor medis komersial dan memberikan hasil EKG yang lebih baik.

Untuk hasil yang akurat, perlu dicatat penggunaan t-shirt harus pas dengan bentuk tubuh pemilik. Selanjutnya, para peneliti juga berencana untuk terus mengembangkan kaos pintar mereka, dan berencana menggunakan lebih banyak benang karbon nanotube untuk meningkatkan area kontak dengan kulit.