6 Fitur Kesehatan di Smartwatch dan Kegunaannya
Ilustrasi fitur kesehatan di smartwatch (Unsplash/Lukas Chesser)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Smartwatch merupakan jam tangan pintar yang tidak hanya membantu manajemen waktu, namun juga berguna bagi kesehatan. Smartwatch dilengkapi dengan fitur kesehatan yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk memantau kondisi tubuh. Ada beragam fitur kesehatan di smartwatch yang bisa Anda manfaatkan. 

Fitur kesehatan di smartwatch dihadirkan untuk mendukung penggunanya menjaga dan memonitor kesehatan tubuh. Fitur ini sangat membantu pengguna smartwatch untuk berolahraga hingga lebih aware terhadap kesehatan. Jelas ada banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika menggunakan fitur kesehatan di smartwatch. 

Fitur Kesehatan di Smartwatch

Banyak ahli kesehatan dan dokter yang menyarankan penggunaan smartwatch untuk memantau kesehatan secara mandiri. Selain itu, fitur-fitur tersebut juga berguna untuk kegiatan olahraga, yaitu memantau progres dan pencapaian dari aktivitas yang dilakukan. Berikut beragam kegunaan fitur kesehatan di smartwatch. 

Fitur Blood Pressure Monitor

Dalam smartwatch terdapat fitur Blood Pressure Monitor yang berfungsi untuk memantau tekanan darah. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu repot memeriksa tekanan darah ke rumah sakit. Selain itu, Anda juga tidak perlu membeli alat tensimeter. Fitur ini membantu Anda melihat tekanan darah secara mudah kapanpun dan dimanapun. Fitur Blood Pressure Monitor cocok bagi pengguna yang memiliki riwayat gangguan tekanan darah tinggi. 

Fitur Heart Rate

Selain memantau tekanan darah, Anda juga bisa menghitung detak jantung lewat smartwatch. Penghitungan detak jantung bisa Anda lakukan dengan fitur Heart Rate. Jadi Anda tidak perlu meluangkan waktu pergi ke dokter atau membeli alat oximeter untuk mengukur detak jantung. Alat ini sangat bermanfaat ketika Anda melakukan olahraga dan cocok bagi pengguna dengan riwayat penyakit jantung. 

Fitur Pedometer

Smartwatch juga dilengkapi dengan teknologi pedometer yang berfungsi untuk menghitung langkah kaki. Jadi saat Anda jogging atau jalan kaki, maka smartwatch akan secara otomatis mencatat dan menghitung jumlah langkah kaki Anda. Fitur ini sangat menunjang olahraga jogging yang biasa Anda lakukan di sore atau pagi hari. 

Fitur Stress Level

Fitur canggih lain yang terpasang dalam smartwatch adalah fitur Stress Level. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk menjaga tingkat stress. Fitur ini bisa memantau tingkat stres dan penyebabnya berdasarkan detak jantung dan tanda-tanda yang berkaitan lainnya. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menjaga kesehatan mental hingga meningkatkan motivasi atau semangat. 

Fitur Kalori

Fitur lain dalam smartwatch yang berguna untuk membantu menjaga kesehatan adalah fitur kalori. Fitur ini dapat menampilkan jumlah asupan kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa menerapkan pola hidup sehat mengingat asupan kalori berpengaruh pada kondisi tubuh. Selain itu, fitur ini juga dapat menunjukkan jumlah kalori yang terbakar setiap harinya. Tentu saja fitur ini sangat mendukung bagi Anda yang gemar olahraga atau sedang menjalani program diet. 

Fitur Sleep Monitoring

Tidur adalah aktivitas penting bagi kesehatan tubuh, namun masih banyak orang yang meremehkannya. Ada fitur dalam smartwatch yang berguna untuk membantu Anda mengatur pola tidur. Melalui fitur Sleep Monitoring, Anda akan terbantu dalam menjaga pola tidur lebih baik. Fitur ini bisa memberikan kepada penggunanya dalam memperbaiki pola tidur sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga. 

Demikianlah beragam kegunaan fitur kesehatan di smartwatch. Berbagai fitur di atas akan menunjang Anda dalam menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup lebih baik lagi, mulai dari asupan makanan, olahraga, hingga mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.