Cara Kerja Smartwatch Mengukur Tekanan Darah, Begini Menggunakannya
Ilustrasi Cara kerja smartwatch mengukur tekanan darah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Smartwatch saat ini menjadi jam tangan yang sedang digemari karena menawarkan fitur-fitur canggih untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Salah satunya teknologi canggih yang terpasang di smartwatch adalah fitur untuk mengukur tekanan darah. Lantas bagaimana cara kerja smartwatch mengukur tekanan darah?

Sejumlah produk smartwatch kini telah dibekali dengan fitur untuk mendeteksi tekanan darah. Hadirnya fitur tersebut dimaksudkan untuk semakin mendukung kenyamanan penggunanya, khususnya bagi penderita hipertensi. Tak cuma bagi penderita darah tinggi, jam tangan ini juga cocok oleh setiap orang untuk memperhatikan kesehatannya. 

Beberapa produk smartwatch yang sudah dilengkapi dengan fitur deteksi tekanan darah, yaitu Galaxy Watch 3, Galaxy Watch Active 2, Huawei Watch D, dan lainnya. Lantas bagaimana cara kerja smartwatch mengukur tekanan darah?

Cara Kerja Smartwatch Mengukur Tekanan Darah

Cara kerja smartwatch Galaxy Watch 3 dalam mengukur tekanan darah yakni menggunakan analisis gelombang nadi. Data deteksi tekanan darah didapatkan melalui sensor onboard yang digunakan untuk menghitung data detak jantung. 

Dari data yang didapatkan tersebut, smartwatch Galaxy Watch 3 akan menganalisis hubungan antara nilai yang diambil dari pembacaan kalibrasi dan perubahan tekanan darah untuk menentukan tingkat tekanan darah Anda. 

Fitur deteksi tekanan darah tersebut dipasangkan pada smartwatch yang kompatibel bersama dengan fitur Elektrokardiogram (EKG) Samsung, yang sudah dirilis di banyak negara. 

Cara Menggunakan Fitur Pengukuran Tekanan Darah di Smartwatch

Penggunaan fitur deteksi tekanan darah tidak bisa dilakukan secara langsung. Terlebih dahulu Anda harus melakukan kalibrasi dengan manset tekanan darah khusus. Jadi Anda tidak bisa asal meletakkan smartwatch ke pergelangan tangan Anda untuk melihat hasil pengukuran tekanan darah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkalibrasikan dengan pemantau tekanan darah. Pasang jam tangan tersebut di lengan atas Anda agar bisa memperoleh hasil yang ideal atau akurat. 

Kemudian buka aplikasi Samsung Health Monitor di ponsel Anda, lalu ketuk tap blood pressure. Anda akan diminta melakukan kalibrasi jam tangan dengan pemantau tekanan darah berbasis manset. Sambil duduk rileks dengan posisi lengan sejajar jantung, pasangkan manset di lengan Anda untuk mengukur tekanan darah.

Pasang smartwatch di pergelangan tangan yang berlawanan dari tempat Anda memasang manset. Apabila ada intruksi di aplikasi, mulai monitor tekanan darah kemudian smartwatch akan melakukan pengukuran sendiri dalam beberapa detik. Proses pembacaan data tekanan darah membutuhkan waktu sekitar 30 detik. 

Setelah selesai proses pembacaan, Anda akan diminta menambahkan data secara manual dari monitor tekanan darah ke aplikasi Samsung Health Monitor. Apabila proses kalibrasi sudah selesai, Anda bisa membuka aplikasi tersebut di smartwatch atau menggunakan widget khusus untuk mengukur tekanan darah. 

Dengan adanya fitur deteksi tekanan darah di beberapa produk smartwatch, Anda akan semakin termudahkan dalam memantau kesehatan Anda. Memakai smartwatch akan mendukung kebutuhan Anda dalam menerapkan gaya hidup sehat. 

Demikianlah ulasan mengenai cara kerja smartwatch untuk mengukur tekanan darah. Meski dapat menyajikan data dari hasil pengukuran tekanan darah penggunanya, namun smartwatch tidak dapat mendiagnosis hipertensi atau kondisi lain yang urgent. Tapi paling tidak smartwatch dapat membantu Anda untuk menjaga dan memantau kesehatan secara lebih mudah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.