Kondisi Kesehatan yang Bisa Terdeteksi Smartwatch: Berikut Daftarnya
Kondisi Kesehatan yang Bisa Terdeteksi Smartwatch (Gambar Luke Chesser - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga. Dengan dorongan smartwatch, kalian dapat melindungi kesehatan serta mendeteksi dini sebagian permasalahan kesehatan. Siapa sangka ternyata kondisi kesehatan yang bisa terdeteksi smartwatch loh!

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini merupakan manfaat yang dapat kalian miliki dengan mengenakan smartwatch. Tetapi ingat, mengenakan smartwatch bukan berarti kalian leluasa buat medical check-up tahunan, ya.

Kondisi Kesehatan yang Bisa Terdeteksi Smartwatch

1. Gaya hidup sedentari

Nyaris seluruh smartwatch bakal mengingatkanmu kala sangat lama berleha-leha duduk. Kerjaan semacam berada di depan laptop, makan di meja, tidak jalan kaki seharian dapat berkaitan dengan permasalahan kesehatan semacam kegemukan hingga diabet.

2. Fibrilasi atrium

Fibrilasi atrium ataupun diketahui dengan gangguan irama jantung pula bisa dideteksi dini dengan dorongan smartwatch. Buat mengetahui dengan benar tanda fibrilasi atrium, jam tangan pintar kepunyaan kalian wajib memiliki fungsi elektrokardiogram( EKG), yang merekam sinyal listrik kecil yang dihasilkan detak jantung.

Kalian bisa menemukan fitur ini di jam tangan pintar terkini dari Apple, Samsung, Fitbit serta Withings, dan mereka bisa melihat tanda fibrilasi atrium yang bisa memperingatkan bila kalian dirasa wajib bertanya dengan dokter.

3. Sleep apnea

Keadaan sleep apnea membuat penderitanya dapat hadapi henti napas beberapa saat ketika mereka tertidur. Sleep apnea kerap berkaitan dengan tekanan darah tinggi sampai kenaikan resiko terserang stroke.

Dengan smartwatch yang dapat melaksanakan skrining berfitur salah satunya sensor saturasi oksigen darah( SpO2), tidur dapat termonitor dengan baik.

4. Stres

Jangan dikira remeh sebab pikiran kerap kali jadi asal mula datangnya suatu penyakit. Tekanan pikiran dapat menuju pada permasalahan tekanan darah tinggi, permasalahan fertilitas, tidak bisa tidur, kenaikan resiko serangan jantung, serta kesehatan yang lain.

5. Diabetes

Beberapa jam tangan pintar semacam Fitbit mempunyai fitur CGM (continuous glucose monitoring) yang bisa mengukur kadar glukosa dalam badan. Dengan mengawal kandungan glukosa, kalian dapat menjauhi konsumsi gula berlebih yang bisa tingkatkan resiko diabet.

Jadi setelah mengetahui kondisi kesehatan yang bisa terdeteksi smartwatch, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!