Bagikan:

YOGYAKARTA – Para penggemar joging atau olahraga lari yang menggunakan smartwatch harus tahu fitur apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan olahraga mereka. Pasalnya, tidak semua smartwatch mendukung aktivitas olahraga lari. Smartwatch untuk lari harus memuat beberapa fitur yang akan membantu memantau kondisi tubuh dan kegiatan sehari-hari.

Fitur Smartwatch untuk Lari

Fitur smartwatch yang tepat untuk pelari tidak hanya akan menambah kenyamanan pemakai saat olahraga, namun akan mendukung aktivitas sehat hingga keselamatan. Fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. GPS

Fitur GPS pada smartwatch sangat bermanfaat untuk para pelari, terlebih saat medan yang dilalui adalah medan baru. GPS akan memberikan tampilan peta jalur sekaligus informasi lain yang mendukung seperti jarak kilometer yang sudah atau akan ditempuh.

GPS juga berguna untuk menghindari pelari dari rute-rute berbahaya, atau menghindarkan pelari dari tersesat saat melalui jalanan panjang.

  1. Mencatat dan Menganalisa Data Tubuh si Pemakai

Secara umum smartwatch memang membantu mencatat hingga menganalisa data tentang tubuh pemakai. Smartwatch akan mencatat detak jantung, oksigen dalam tubuh, jarak yang berhasul ditempuh, kalori yang terbakar, dan lain sebagainya. Dengan adanya data tersebut pelari dapat memperkirakan target yang akan dicapai dari olahraga lari yang dilakukannya.

  1. Mode Olahraga

Tahukah Anda bahwa ada banyak model olahraga yang bisa diterapkan. Misalnya, dalam olahraga lari Anda bisa memilih antara lari cepat atau lari pelan. Keduanya punya dampak yang berbeda di tubuh. Saat melakukan salah satu mode olahraga, ada baiknya memilih smartwatch yang mendukung fitur mode olahraga yang beragam. Dengan begitu pemakai bisa memilih dan menyesuaikan data sesuai kebutuhan.

  1. Anti Air dan Anti Gores

Cuaca jadi salah satu kondisi yang wajib diantisipasi oleh palari luar ruangan. Di sisi lain beberapa smartwatch memiliki kerentanan terhadap air dan goresan. Oleh karena itu usahakan untuk memilih smartwatch yang anti air, anti gores, dan tahan dengan cuaca.

  1. Terhubung ke Ponsel

Fitur smartwatch yang juga cukup membantu kegiatan berlari adalah mampu terhubung ke ponsel. Pasalnya, pelari tidak bisa mengakses ponsel sewaktu-waktu hingga berpotensi mengabaikan kabar penting atau kondisi kedaruratan lainnya.

  1. Musik

Sebagian pelari juga lebih nyaman berolahraga sambil mendengarkan musik. Jika Anda melakukan hal yang sama, usahakan untuk memilih smartwatch yang menyediakan fitur musik dan dapat tersambung ke earphone.

Itulah informasi tentang smartwatch untuk lari. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.