Regulator Sekuritas AS Tuntut Pendiri BitConnect 2 Miliar Dolar karena Dugaan Penipuan
Satish Kumbani, pendiri Bitconnect yang kini dicari pihak berwenang di AS. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Regulator sekuritas A.S. pada Rabu 1 September menggugat pendiri platform pertukaran cryptocurrency BitConnect yang sekarang sudah tidak berfungsi atas dugaan perannya yang secara curang mengumpulkan sekitar 2 miliar dolar AS dari ribuan investor ritel.

Memperluas kasus perdata yang diumumkan pada bulan Mei, Komisi Sekuritas dan Bursa AS menuduh pendiri BitConnect, Satish Kumbhani, seorang warga negara India, berbohong tentang kemampuan BitConnect untuk menghasilkan keuntungan, dan melanggar undang-undang pendaftaran yang dimaksudkan untuk melindungi investor.

Dalam gugatan di pengadilan federal Manhattan, SEC juga mendakwa promotor Glenn Arcaro dan firmanya Future Money Ltd secara curang telah menerima lebih dari 24 juta dolar AS dalam "komisi rujukan" dan jumlah lainnya sebagai promotor utama BitConnect di AS.

Arcaro mengaku bersalah pada Rabu 1 September atas tuduhan konspirasi penipuan kawat kriminal terkait di hadapan Hakim Hakim AS Mitchell Dembin di San Diego. Hukumannya adalah 15 November.

Gugatan SEC berusaha untuk menjatuhkan denda, menutup keuntungan yang didapat secara tidak sah, dan bantuan lainnya.

Didirikan pada tahun 2016, BitConnect membuat token digital yang disebut BitConnect Coin yang dapat ditukar dengan bitcoin, cryptocurrency populer.

SEC mengatakan investor dalam "program pinjaman" BitConnect diberitahu bahwa BitConnect menggunakan "bot perdagangan perangkat lunak volatilitas" yang dapat menghasilkan pengembalian 40% per bulan, dan diberi pengembalian fiktif yang menunjukkan keuntungan tahunan 3.700%.

Tetapi regulator mengatakan investor kehilangan banyak uang mereka setelah harga BitConnect Coin turun 92% pada 16 Januari 2018.

Jaksa mengatakan BitConnect menjalankan "skema Ponzi buku teks" dengan membayar investor sebelumnya dengan uang investor baru.

Kumbhani, 35, kabarnya telah tinggal di Surat, India tetapi keberadaannya tidak diketahui. Sementara Arcaro, 44, tinggal di Los Angeles dan mendirikan Future Money di Hong Kong, kata pihak berwenang.

Upaya untuk menemukan Kumbhani tidak berhasil. Pengacara Arcaro tidak menanggapi permintaan komentar. SEC menggugat lima promotor BitConnect lainnya pada 28 Mei.

Ini telah memperoleh penilaian yang membutuhkan dua promotor, Michael Noble dan Joshua Jeppesen, dan tunangan Jeppesen untuk membayar lebih dari 3,5 juta dolar AS dan 190 bitcoin. Promotor lainnya belum menanggapi gugatan itu.