Ini 10 Aplikasi Konferensi Video Terbaik untuk Linux
Jitsi meeting aplikasi video conference yang cukup baik di Lynux. (foto; jitsi)

Bagikan:

Jakarta  -  Bagi para freelancer dan karyawan yang rutin bekerja dari rumah, komunikasi jarak jauh adalah salah satu dari sekian banyak hal yang perlu diperhatikan. Konferensi video kini telah menggantikan rapat di kantor bagi banyak dari kita. Alat seperti Zoom dan Skype telah mengalami peningkatan besar dalam pertumbuhan.

Untungnya, tidak ada kekurangan perangkat lunak konferensi video berkualitas untuk Linux. Panduan ini mencakup beberapa aplikasi konferensi video Linux terbaik untuk membantu pengembang dan karyawan tetap di atas tujuan pekerjaan mereka.

  1. Zoom

Zoom adalah solusi konferensi video canggih yang menawarkan serangkaian fitur menarik. Ini telah menikmati pertumbuhan eksponensial sejak pandemi melanda. Meskipun perangkat lunak berbayar, Zoom menawarkan paket dasar dengan kemampuan menyelenggarakan rapat gratis tanpa batas.

Plus, aplikasi tersedia untuk semua platform modern, termasuk Linux, Mac, Windows, dan smartphone. Ini, ditambah dengan paket harga fleksibel Zoom, menjadikannya salah satu perangkat lunak konferensi video Linux terbaik untuk para profesional.

  1. Skype

Skype bisa dibilang salah satu perangkat lunak konferensi video terbaik untuk pengguna Linux. Sudah ada sejak lama dan terus menjadi pemain besar di industri VoIP dan videotelephony. Daftar fitur Skype mencakup panggilan suara, panggilan video, pesan instan, dan berbagi layar.

Manfaat utama dari Skype adalah bahwa itu benar-benar lintas platform. Jadi, Anda dapat menggunakan aplikasi yang sama di komputer, ponsel cerdas, dan bahkan perangkat Xbox atau Alexa Anda. Plus, klien Skype untuk Linux menawarkan pengalaman pengguna yang mulus. Pengguna dapat mengunduh paket DEB, RPM, atau snap untuk menginstal aplikasi di sistem mereka.

  1. Jitsi Meeting

Jitsi adalah proyek sumber terbuka yang brilian untuk membuat dan menerapkan solusi konferensi video khusus. Inti dari rangkaian perangkat lunak ini terdiri dari Jitsi Meet dan Jitsi Videobridge. Mereka menyediakan panggilan audio dan video berkualitas tinggi melalui web dan meminimalkan latensi komunikasi seminimal mungkin.

Fitur utama Jitsi termasuk panggilan HD, enkripsi ujung ke ujung, skalabilitas tinggi, berbagi layar, dan rapat gratis tanpa batas. Ini menjadikan Jitsi pilihan yang tepat bagi orang yang mencari perangkat lunak konferensi video sumber terbuka dan gratis.

  1. Signal

Signal adalah layanan pesan instan yang menawarkan konferensi video bersama banyak fitur tambahan. Ini adalah solusi lintas platform dengan klien stabil yang tersedia untuk Linux, Windows, Mac, iPhone, dan Android. Signal sangat menekankan keamanan dan menawarkan enkripsi ujung ke ujung untuk semua panggilan video.

Fitur penting lainnya termasuk pengalaman tanpa iklan yang imersif, berbagi layar yang mudah, pratinjau tautan, dan dukungan untuk server proxy. Selain itu, Signal hanya mengumpulkan data pengguna dalam jumlah minimum. Jadi, ini adalah opsi yang bagus untuk pengguna yang mencari aplikasi konferensi video Linux yang sederhana namun aman.

  1. OpenMeetings

OpenMeetings adalah proyek sumber terbuka yang kuat yang menawarkan kemampuan konferensi audio dan video yang kuat untuk kolaborasi tim. Anda dapat menggunakannya untuk menyelenggarakan rapat skala besar dan merekam sesi rapat. Tuan rumah juga dapat mengatur moderator tambahan untuk mengelola konferensi.

Itu juga dilengkapi dengan file explorer canggih dengan dukungan untuk drag and drop, dokumen tress, dan kontrol sumber daya. Beberapa fitur lain dari perangkat lunak konferensi video untuk Linux ini termasuk rapat yang direncanakan, mencadangkan data pengguna, polling, dan multi-papan tulis. Secara keseluruhan, ini adalah pilihan yang sangat baik untuk orang-orang yang membutuhkan solusi sumber terbuka dan gratis.

  1. Google Meet

Google Meet adalah jawaban Google untuk alat konferensi video populer seperti Zoom dan Skype. Ini adalah salah satu dari dua aplikasi yang menggantikan Google Hangouts. Salah satu keuntungan utama Google Meet adalah siapa pun yang memiliki akun Google dapat langsung menyelenggarakan atau bergabung dengan sesi.

Paket dasar gratis memungkinkan menyelenggarakan rapat tanpa batas dengan 100 peserta dan hingga 60 menit. Dalam hal fitur, Meet menawarkan pratinjau audio dan video, teks otomatis, berbagi layar, perpesanan, dan integrasi dengan aplikasi Google dan Microsoft lainnya. Plus, antarmuka webnya yang kuat membuatnya mudah diakses dari semua perangkat Anda.

  1. Zoho Meeting

Zoho Meeting adalah perangkat lunak kolaborasi jarak jauh lengkap dengan dukungan konferensi video yang sangat baik. Ini adalah aplikasi premium yang ditargetkan untuk perusahaan yang sangat bergantung pada pertemuan bisnis virtual. Namun, Zoho juga menawarkan paket gratis dengan fitur terbatas. Ini cukup bagus untuk penggunaan pribadi tetapi hanya memungkinkan tiga orang per pertemuan.

Paket berbayar menghadirkan banyak fitur luar biasa, termasuk penyimpanan untuk rekaman video, nomor telepon internasional, streaming langsung ke YouTube, dll. Selain itu, Zoho Meeting menawarkan klien asli untuk ponsel cerdas dan banyak distribusi Linux populer. Ini membuatnya cocok untuk bisnis dan organisasi skala menengah hingga besar.

  1. Discord

Discord adalah pusat komunikasi modern yang populer di kalangan gamer dan streamer. Ini juga memfasilitasi panggilan video dan konferensi untuk pengguna rumahan. Plus, sifat lintas platform Discord membuatnya mudah diakses oleh teman dan anggota keluarga..

Daftar fitur termasuk pesan instan, panggilan grup, berbagi file, berbagi layar dan media, dll. Namun, karena Discord bukan perangkat lunak konferensi video lengkap, Anda hanya dapat mengundang sejumlah peserta, tepatnya 25.

  1. FreeConference

FreeConference adalah perangkat lunak konferensi video berbasis web dengan beberapa fitur terbaik. Ini memiliki beberapa paket harga yang ditujukan untuk para profesional. Namun, paket gratis mencakup apa pun yang diinginkan sebagian besar pengguna dalam aplikasi konferensi video. Anda dapat menyelenggarakan rapat gratis dengan maksimal 100 peserta menggunakan FreeConference.

Solusi konferensi video ini juga menawarkan berbagi layar, mengunggah file, papan tulis online, dan panggilan lokal tanpa batas. Klien asli juga tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Jadi, jika Anda mencari solusi konferensi video gratis dan fleksibel, FreeConference mungkin menjadi pilihan untuk Anda.

  1. Talky

Talky adalah opsi sederhana namun andal bagi pengguna yang ingin menyelenggarakan atau bergabung dengan konferensi video dengan cepat. Talky unik karena tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar atau mengisi formulir apa pun. Pada dasarnya, Anda perlu membuat ruangan untuk rapat Anda dan membagikan URL-nya dengan para peserta.

Antarmuka berbasis web juga membuat Talky mudah diakses dari perangkat yang berbeda. Jadi, ini adalah alat kecil yang hebat untuk siapa saja yang mencari aplikasi konferensi video cepat untuk Linux.

Bekerja dari Rumah dengan Aplikasi Konferensi Video Linux

Konferensi video berada di garis depan pekerjaan jarak jauh karena kantor tutup di banyak bagian dunia. Untungnya, kami orang-orang Linux dapat memilih dari beberapa perangkat lunak konferensi video yang tangguh. Alat seperti Zoom dan Zoho Meeting menawarkan semua yang diperlukan untuk menyelenggarakan rapat bisnis besar. Pendukung perangkat lunak sumber terbuka, di sisi lain, dapat memilih antara Jitsi dan OpenMeetings.

Namun, pekerjaan jarak jauh tidak semuanya menyenangkan, terutama jika Anda tidak menganggap serius keamanan siber. Anda perlu mempertahankan pedoman keamanan yang tepat untuk menjaga diri Anda aman dari serangan siber yang bekerja dari jarak jauh.