5 Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik 2023
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di dunia digital kini, sudah tidak asing lagi bagi kita menonton video setiap harinya baik dari televisi, komputer, bahkan handphone. Platform seperti YouTube dan TikTok juga memberikan kesempatan banyak anak muda Indonesia untuk memiliki sumber mata pencaharian yang oke sebagai content creator.

Bagaimana cara menjadi content creator yang berhasil? Simpel. kamu perlu memiliki kemampuan untuk memilih topik yang menarik dan membuat konten yang berkualitas.

Tentunya, video adalah salah satu bentuk konten yang sangat diminati. Akan tetapi, tidaklah banyak dari kita yang memiliki kemampuan untuk mengedit video, tapi kamu tidak perlu khawatir. Saat ini sudah tersedia beberapa video editor software yang ramah pemula. Kami telah melakukan riset yang dapat membantu kamu memilih aplikasi edit video di laptop terbaik.

1. Wondershare Filmora

Software edit video satu ini sangatlah populer di Indonesia. Banyak juga yang mengatakan Filmora sebagai video editor sejuta umat. Hal ini dikarenakan Filmora sangatlah mudah digunakan dan harganya terjangkau. Meskipun didesain untuk ramah pemula, video editor ini dapat menghasilkan kualitas video yang sangat bagus dan berkelas seperti hasil editan seorang profesional.

Filmora memiliki banyak fitur canggih dan template/efek gratis. Kamu dapat menemukan fitur-fitur video editing tingkat lanjut seperti misalnya speed ramping, masking, sinkronisasi beat musik, audio dan gambar. Salah satu fitur favorit dari aplikasi video editor pc ini adalah fitur green screen dan AI smart cutout. Dengan berbagai fitur tersebut, Filmora dapat membantu kamu membuat video lebih cepat dan mudah.

2. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi edit video kelas wahid dengan berbagai fitur terbaik untuk edit video. Aplikasi edit video professional ini memiliki banyak menu dan tools yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan kamu. Hasil editan video di Premiere memiliki kualitas jempolan, kamu dapat memasukkan banyak efek hebat dan animasi video ke dalam video. Software ini mendukung keluaran format video tingkat tinggi seperti 4K, 8K, dan VR.

3. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro juga menjadi salah satu software terbaik dalam video editing. Banyak fitur pengeditan video yang memudahkan pengguna dalam melakukan pengeditan video seperti timeline detail dan live preview untuk melihat hasil edit secara langsung, Tersedia juga kumpulan filter, efek, transisi, dan judul untuk menghasilkan video berkualitas.

4. Davinci Resolve

DaVinci Resolve adalah aplikasi video editing memiliki performa baik dan lebih simpel dibandingkan Adobe Premiere Pro. Software edit video ini dapat digunakan di beberapa platform seperti Windows, macOS X dan Linux. Salah satu kemampuan yang paling disukai adalah Davinci Resolve dapat menghasilkan video berkualitas tinggi dengan proses rendering yang cepat. Kamu dapat menginstall dan menggunakan Davinci Resolve secara gratis untuk mencoba.

5. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah salah satu aplikasi edit video PC gratis yang sangat populer dan telah ada sejak lama. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan dasar seseorang untuk membuat video. Aplikasi ini memiliki antarmuka sangat ramah bagi pengguna, dengan fitur-fitur yang mudah dioperasikan. Fitur-fiturnya termasuk memotong clip video, menambah efek visual seperti slow motion atau fast forward, serta menambahkan transisi, teks, dan musik. Selain itu, Aplikasi ini juga dapat mengimpor klip langsung dari kamera digital, serta memiliki pilihan animasi dan pengaturan kualitas video.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi edit video di laptop terbaik 2023. Kamu bisa coba semua atau pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu masih penasaran dengan info lebih lanjut dan bagaimana belajar edit video, kamu juga dapat melihat-lihat content creator lokal Indonesia di YouTube.