FDA Setujui BD Veritor sebagai Alat Tes COVID-19, Bisa Digunakan di Rumah
BD veritor, alat tes usap COVID-19 yang dibisa digunakan di rumah. (foto: BD)

Bagikan:

JAKARTA - BD (Becton, Dickinson and Company), perusahaan teknologi medis global terkemuka, Rabu 25 Agustus mengumumkan bahwa Food and Drug Administration (FDA) AS telah mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk BD Veritor™ At-Home COVID -19 Test.

Ini adalah alat tes antigen cepat COVID-19 untuk digunakan di rumah, pertama, yang menggunakan teknologi computer vision di ponsel untuk menafsirkan dan memberikan tampilan digital hasil pengujian. Tes ini tidak memerlukan resep, laboratorium, atau menunggu hasil yang lama.

BD mengembangkan tes mandiri antigen aliran lateral baru yang cepat dan dapat dibaca secara digital ini untuk membuat pengujian COVID-19 lebih cepat dan lebih mudah bagi orang-orang untuk menyelesaikannya dalam privasi dan keamanan rumah mereka sendiri.

Tes ini awalnya akan tersedia untuk bisnis, sekolah, dan pemerintah yang ingin memberikan opsi pengujian mandiri bagi karyawan atau siswa. BD Veritor™ At-Home COVID-19 Test akan menggunakan usap hidung yang sederhana dan bebas rasa sakit dan aplikasi seluler yang mudah digunakan dari Scanwell Health yang memberikan hasil tes yang andal dalam 15 menit.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android dan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara mengumpulkan dan mentransfer sampel usap hidung ke stik uji. Kamera perangkat seluler kemudian digunakan untuk menangkap, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil, yang menghilangkan subjektivitas manusia dari tes membaca visual.

"Meningkatnya kasus COVID-19 dari varian Delta telah meningkatkan permintaan untuk pengujian di rumah, dan BD Veritor™ At-Home COVID-19 Test adalah tes yang mudah digunakan dengan hasil digital definitif yang ideal untuk gunakan di rumah," kata Dave Hickey, presiden Life Sciences untuk BD.

"Mandat baru dari pemerintah dan bisnis menentukan perlunya pengujian berkala bagi mereka yang tidak dapat atau memilih untuk tidak divaksinasi, dan tes baru ini dapat membantu bisnis, pemerintah, atau sekolah memenuhi persyaratan tersebut," kata Hickey.

BD Veritor™ At-Home COVID-19 Test dirancang agar mudah dilakukan di rumah oleh orang berusia 14 tahun atau lebih, dengan menggunakan aplikasi Scanwell Health untuk memberikan hasil digital yang jelas dalam 15 menit.

Tes ini juga dapat digunakan untuk anak-anak berusia dua tahun dengan sampel yang dikumpulkan oleh orang dewasa. Pengalaman pengujian yang sederhana dan mudah mencakup usap hidung tanpa rasa sakit, instruksi video yang memandu pengguna melalui setiap langkah dan pengatur waktu bawaan sehingga pengguna dapat menguji sendiri dengan percaya diri.

"Pengujian cepat yang dapat diakses adalah alat penting untuk mencegah wabah dan membatasi penyebaran virus," kata Stephen Chen, pendiri dan CEO Scanwell Health. "Dengan aplikasi Scanwell yang memberikan hasil digital yang dapat dibagikan, BD Veritor™ At-Home COVID-19 Test memberdayakan individu dengan wawasan yang cepat dan dapat ditindaklanjuti yang diperlukan untuk membantu menjaga orang tetap aman."