Bagikan:

JAKARTA - Jam tangan pintar ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk melacak kebugaran, memantau kualitas tidur dan lainnya, tetapi Apple Watch dapat melakukan lebih dari itu.

Beberapa waktu lalu Apple Watch berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria yang jatuh ke sungai es atau menyelamatkan nyawa pengendara sepeda Inggris yang terjebak di tengah banjir.

Mengutip NYPost via Gizmochina, Rabu, 25 Agustus, kali ini Apple Watch diduga digunakan oleh sekelompok perampok beranggotakan tujuh orang di Amerika Serikat (AS) untuk merampok seorang pria yang membawa 500.000 dolar AS.

Terduga pemimpin kelompok itu adalah Darren Lindsay berusia 30 tahun. Perampokan itu terjadi tahun lalu di Hartford, Connecticut, tetapi rincian insiden itu terungkap ke publik beberapa hari yang lalu.

Para perampok pertama kali melihat korban yang percaya bahwa dia telah membawa uang tunai tersebut. Untuk menguntit korban, mereka menyembunyikan Apple Watch yang mereka beli lebih dahulu, dan menautkannya ke akun AT&T milik mereka, lalu menaruhnya di bawah bumper mobilnya. Kemudian melacak mobil korban dengan menggunakan aplikasi Find My di iPhone.

Setelah menemukan mobil korbannya, salah satu perampok menghancurkan jendela mobil dengan pistol, berharap menemukan tas berisi uang tunai senilai 500.000 dolar AS. Tetapi mereka tidak menemukan apa pun di dalam mobil.

Dari sana, mereka kembali ke Middletown, New York untuk membagi jarahan dan berpose untuk foto di depan tumpukan uang. Anggota komplotan perampok tersebut didakwa pada Juli atas serangkaian kejahatan dari 2019 hingga 2020.

"Semua informasi ini didukung oleh data lokasi situs seluler yang terperinci, termasuk dari Apple Watch-nya dan telepon terdakwa," tulis jaksa Departemen Kehakiman di AS.

Diketahui usaha para perampok ini cukup unik, tetapi jangan ditiru ya guys! Mereka memanfaatkan Apple Watch untuk melacak lokasi. Memang pada saat itu, Apple Watch adalah satu-satunya perangkat praktis yang dapat digunakan untuk melacak orang. Sedangkan AirTags, yang dirancang khusus untuk melacak objek belum diluncurkan.