Bagikan:

JAKARTA - Pada Juli lalu, laporan mulai muncul bahwa Apple sedang menguji bodi "plastik kaku" baru untuk Apple Watch SE generasi berikutnya. Meskipun ini akan mengurangi biaya, muncul pertanyaan apakah kompromi ini akan sepadan bagi pelanggan.

Apple memperkenalkan Apple Watch SE pada tahun 2020, bersamaan dengan Apple Watch Series 6. Dengan harga mulai dari  279 dolar AS, perangkat ini memiliki layar, casing aluminium, dan bagian belakang keramik yang sama dengan Series 6. Namun, Apple Watch SE tidak memiliki fitur Always-On Display, menggunakan prosesor yang lebih lama, dan tidak mendukung pembacaan elektrokardiogram (ECG). Meski begitu, dengan harga Apple Watch Series 6 mulai dari  399 dolar AS, Apple Watch SE masih merupakan pilihan yang bagus, terutama dibandingkan dengan Apple Watch Series 3 yang dijual seharga  199 dolar AS.

Pada tahun 2022, Apple memperbarui Apple Watch SE dengan harga mulai dari  249 dolar AS, sedikit lebih murah dari model sebelumnya. Apple mengupdate perangkat ini dengan chipset yang sama dengan Apple Watch Series 8, tetapi mengubah bagian belakang dari bahan keramik menjadi "komposit nilon," yang juga dikenal sebagai plastik. Meski masih tidak mendukung pembacaan ECG dan tidak memiliki Always-On Display, pembaruan ini membuat Apple Watch lebih terjangkau bagi lebih banyak orang.

Apple Watch SE 3: Apa yang Baru?

Dalam buletin Power On akhir pekan ini, Mark Gurman menegaskan kembali laporannya dari bulan lalu, yang menyatakan bahwa peralihan ke plastik kaku "semakin mungkin." Gurman juga menambahkan bahwa ini "dapat memungkinkan pilihan warna yang lebih baik."

Dengan siklus pembaruan Apple Watch SE setiap 2 tahun, kemungkinan besar Apple Watch SE generasi ketiga akan diluncurkan bulan depan bersamaan dengan iPhone 16.

Apple Watch SE berikutnya kemungkinan akan mendapatkan prosesor yang lebih baru, baik chip S9 dari Apple Watch Series 9 tahun lalu atau chip S10 baru dari Apple Watch Series 10 yang akan datang. Keduanya akan memberikan peningkatan kecepatan yang signifikan bagi pengguna Apple Watch SE.

Kemungkinan publik akan melihat peningkatan lain pada Apple Watch SE, meskipun belum ada rumor lain yang beredar. Akan sangat bagus jika mereka bisa memperkenalkan ECG, karena teknologi ini dapat menyelamatkan nyawa dan akan sangat baik jika dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Beralih ke Plastik 

Dengan kemungkinan Apple beralih ke bodi plastik, Apple akan menghemat biaya manufaktur. Namun, masih harus dilihat apakah Apple akan menurunkan harga untuk pelanggan. Ada dua kemungkinan jalur dengan Apple Watch SE mendatang.

Opsi 1: Apple menjaga harga tetap sama (mulai dari  249 dolar AS), tetapi menambahkan fitur tambahan, seperti kemampuan memeriksa Elektrokardiogram atau Always-On Display.

Opsi 2: Apple menurunkan harga (mungkin  199 atau  229 dolar AS), dan menjaga set fitur sebagian besar tetap sama.

Tentu saja, selalu ada kemungkinan bahwa Apple Watch SE akan tetap dengan harga saat ini  249 dolar AS, tanpa fitur baru yang signifikan. Namun, kecil kemungkinan Apple akan mengambil pendekatan ini, mengingat posisi aneh yang ditempati oleh Apple Watch SE saat ini, terutama dengan banyaknya penawaran untuk model flagship Apple Watch yang lebih lama.

Jika Apple Watch SE 3 berfokus pada keterjangkauan atau lebih banyak fitur kesehatan - atau lebih baik lagi, keduanya - Apple kemungkinan akan meraih kesuksesan besar tahun ini.