Bagikan:

"JAKARTA - Sebuah lembaga penegak hukum AS telah menentukan bahwa Apple  dapat menggunakan sebuah desain ulang untuk menghindari larangan impor terhadap model Apple Watch terbaru yang berasal dari sengketa pelanggaran paten dengan Masimo , perusahaan teknologi pemantauan medis, seperti yang diungkapkan dalam pengajuan pengadilan pada Senin, 15 Januari.

Larangan impor, yang dikeluarkan oleh Komisi Perdagangan Internasional AS (ITC), berlaku untuk seri terbaru Apple, yaitu Series 9 dan Ultra 2, dan awalnya mulai berlaku pada 26 Desember. Apple berhasil meyakinkan Pengadilan Banding Federal AS untuk menghentikan sementara larangan tersebut pada hari berikutnya, dan sejak itu melanjutkan penjualan jam tangan tersebut sambil mengajukan banding terhadap keputusan impor.

Apple menyatakan bahwa desain ulang yang diusulkan akan memungkinkan mereka menghindari temuan bahwa jam tangan tersebut melanggar paten pembacaan oksigen darah Masimo. Apple belum secara publik menjelaskan desain ulang tersebut, yang mungkin melibatkan pembaruan perangkat lunak jam tangan.

Menurut pengajuan Masimo pada hari Senin kepada Pengadilan Federal, Apple memberi tahu Badan Bea dan Cukai AS bahwa jam tangan yang diubah desainnya "pasti tidak mengandung fungsi pembacaan oksimetri denyut." Dokumen dari Apple dan keputusan badan tersebut, yang dikeluarkan pada hari Jumat, belum dipublikasikan.

"Pernyataan Apple bahwa jam tangan yang diubah desainnya tidak mengandung oksimetri denyut adalah langkah positif menuju pertanggungjawaban," kata juru bicara Masimo pada hari Senin.

Apple menyatakan pada hari Senin bahwa jam tangan Series 9 dan Ultra 2 dengan kemampuan pembacaan oksigen darah masih tersedia.

Masimo, yang berbasis di Irvine, California, menuduh Apple merekrut karyawan-karyawannya dan mencuri teknologi oksimetri denyut untuk digunakan dalam Apple Watch setelah membahas kemungkinan kerja sama.

Apple telah menyertakan fitur oksimeter denyut dalam smartwatch-nya sejak Apple Watch Series 6 pada tahun 2020.

Masimo menggugat Apple di California pada tahun tersebut, dengan tuduhan pencurian rahasia dagang terkait teknologi pembacaan tingkat oksigen darah dan pelanggaran paten Masimo.

Apple membalas gugatan Masimo dengan tuduhan pelanggaran paten, menyebut tindakan hukum Masimo sebagai "manuver untuk membuka jalan" bagi smartwatch pesaing. Masimo merilis jam tangan W1-nya, yang melacak tingkat oksigen darah dan indikator kesehatan lainnya, pada tahun 2022.

Masimo meminta ITC pada tahun 2021 untuk melarang impor dan penjualan Apple Watch yang diduga melanggar patennya. ITC memutuskan untuk keuntungan Masimo tahun lalu, dan larangan berlaku pada Desember.

Apple sempat menghentikan penjualan jam tangan Series 9 dan Ultra 2 terbarunya di AS menjelang Natal karena keputusan ITC, meskipun tetap tersedia dari pengecer lain di AS termasuk Amazon, Best Buy, Costco, dan Walmart .

Perusahaan teknologi ini melanjutkan penjualan jam tangan pada 27 Desember setelah Pengadilan Banding mengatakan bahwa mereka akan menghentikan sementara larangan sementara pertimbangan banding Apple dilakukan.

Apple menyatakan pada Senin bahwa banding tersebut kemungkinan akan memakan waktu setidaknya satu tahun, dan mereka mengharapkan keputusan tentang permintaan mereka untuk menjaga larangan tersebut tetap ditangguhkan bisa keluar pada Selasa.

Pengadilan Banding masih mempertimbangkan apakah akan melanjutkan penangguhan atau mengembalikan larangan, yang akan berlaku untuk Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 yang tidak memiliki teknologi oksimetri denyut pada desain ulangnya.

Apple berargumen bahwa kemungkinan besar mereka akan memenangkan banding, dan membiarkan larangan tetap berlaku akan menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan, pemasoknya, dan masyarakat.

Masimo menyatakan bahwa mempertahankan penangguhan akan merugikan bisnis dan reputasinya serta "menghancurkan semangat" ilmuwan dan insinyurnya. Perusahaan tersebut juga mengatakan dalam pengajuannya pada  Senin bahwa keputusan Bea Cukai melemahkan argumen Apple bahwa mengembalikan larangan akan menyebabkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki bagi perusahaan teknologi tersebut.