Google Luncurkan Berbagai Fitur Lindungi Pengguna Remaja dan Anak-Anak
Pengguna anak-0anak dan remaja akan semakin dilindungi oleh Google. (foto: Thomas Park/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google telah mengumumkan beberapa fitur baru dan langkah-langkah keamanan bagi remaja untuk menjadikan internet tempat yang lebih aman bagi mereka.

Perusahaan berencana untuk memperkenalkan sejumlah fitur baru dan perubahan pada berbagai layanannya dalam beberapa minggu mendatang yang akan memengaruhi anak-anak di bawah 18 tahun. Perubahan ini akan memengaruhi Google Penelusuran, YouTube, YouTube Kids, Google Play, dan banyak lagi.

Google akan memulai kebijakan baru dalam beberapa minggu mendatang yang akan memungkinkan siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun atau orang tua/wali mereka untuk menghapus foto mereka dari pencarian Gambar Google.

Alat ini hanya akan menghapus foto dari Google Penelusuran dan bukan situs web asli tempat foto tersebut dicantumkan. Meskipun demikian, Google percaya opsi ini akan memberi anak-anak di bawah 18 tahun kontrol atas gambar mereka yang diposting secara online.

Google mengaktifkan Telusur Aman secara default untuk pengguna yang ada di bawah usia 18 tahun. Ini juga akan diaktifkan secara default untuk remaja yang sekarang mendaftar untuk akun Google baru.

Berbagai pengaturan terkait Akun Google untuk orang di bawah 18 tahun juga sedang diubah sebagai bagian dari perubahan ini. Untuk YouTube, setelan upload default diubah menjadi pribadi untuk remaja berusia 13-17 tahun. Artinya, konten apa pun yang diunggah oleh remaja hanya dapat dilihat oleh orang yang mereka putuskan untuk dibagikan.

Selain itu, fitur kesehatan digital seperti pengingat waktu tidur dan istirahat diaktifkan secara default untuk anak-anak berusia 13-17 tahun.

Di YouTube Kids, opsi putar otomatis baru akan ditambahkan, meskipun secara default akan dinonaktifkan. Google juga berencana untuk menambahkan opsi kontrol orang tua baru ke YouTube Kids dalam beberapa bulan mendatang, seperti opsi untuk mengunci pengaturan putar otomatis default dan banyak lagi.

Dalam pengumumannya di The Keyword, Google menyoroti bahwa mereka mengubah cara menangani konten komersial di YouTube Kids. Ini tidak akan lagi mengizinkan penempatan produk berbayar di YouTube Kids dan menghapus "konten yang terlalu komersial dari YouTube Kids" yang mendorong anak-anak untuk membelanjakan uang.

Di bawah ini adalah beberapa perubahan lain yang datang ke akun Google dan berbagai layanan Google yang akan memengaruhi pengguna di bawah usia 18 tahun:

Ke depannya, Google akan mencegah konten dewasa muncul di perangkat bersama di Asisten Google dengan mengaktifkan filter Telusur Aman di browser web layar pintar.

Opsi untuk mengaktifkan Riwayat Lokasi di akun Google orang di bawah usia 18 tahun juga akan dicabut. Riwayat Lokasi sudah dimatikan secara default di akun Google baru, tetapi Google sekarang menghapus opsi untuk mengaktifkannya sama sekali.

Bagian keamanan baru akan ditambahkan ke Google Play untuk memudahkan orang tua mengetahui aplikasi mana yang mematuhi kebijakan Keluarga. Pengembang aplikasi juga akan diminta untuk memberikan lebih banyak informasi tentang apa yang mereka lakukan dengan data yang dikumpulkan.

Institusi K-12 yang menggunakan Google Workspace for Education kini akan mengaktifkan Safe Search secara default. Opsi untuk beralih ke mode Penyamaran atau Tamu juga akan dinonaktifkan.

Filter kesejahteraan digital baru akan ditambahkan untuk memblokir berita, podcast, dan akses ke halaman web tertentu di layar pintar.

Perubahan dari Google ini adalah langkah ke arah yang benar. Ini akan melindungi anak-anak dari paparan konten dewasa dan komersial dan juga melindungi privasi mereka..