Elon Musk Bantah Pernah Berniat untuk Geser Posisi CEO Apple Tim Cook
CEO Tesla Elon Musk dilaporkan pernah berniat untuk menggeser Tim Cook dari jabatannya sebagai CEO Apple. (foto: instagram @elonrmsuk)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla Elon Musk dilaporkan pernah berniat untuk menggeser Tim Cook dari jabatannya sebagai CEO Apple. Hal itu terungkap saat keduanya melakukan perbincangan pada 2016 lalu.

Musk dikatakan menghubungi Cook dengan maksud agar Apple mengakuisisi Tesla, dikarenakan saat itu perusahaan Tesla sedang mengalami keterpurukan bisnisnya, dan Musk membutuhkan modal lebih untuk peluncuran Tesla Model 3.

Menurut berita yang beredar seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu 1 Agustus, pada saat yang sama Cook menyarankan agar Apple membeli Tesla, tetapi dengan satu syarat, Musk meminta agar dia menjadi CEO-nya.

Butuh waktu lama untuk memahami maksud dari Musk. Dan akhirnya percakapan itu dibahas pada karya Tim Higgins dalam bukunya Power Play: Tesla, Elon Musk and the Best of the Century. Buku itu mengatakan Musk memberitahu Cook 'I'm CEO', Cook mengira Musk akan tetap menjadi CEO Tesla.

Cook mengatakan kepada Musk, dia tidak menentang gagasan itu, yang kemudian diklarifikasi Musk dia ingin menjadi CEO Apple. Namun, mengetahui hal ini Musk langsung membantah ia tidak pernah menghubungi Cook sama sekali.

"Cook dan saya tidak pernah berbicara atau menulis satu sama lain," ungkap Musk. Begitupun dengan Cook yang juga mengonfirmasi hal yang sama, "Anda tahu, saya tidak pernah berbicara dengan Elon, meskipun saya sangat mengagumi dan menghormati perusahaan yang dia bangun," jelas Cook dalam wawancaranya dengan Kara Swisher dari The New York Times.

Di sisi lain, Musk juga menyatakan semua isi dalam buku tersebut tidak masuk akal dan sesuai fakta, "Higgins berhasil membuat bukunya palsu dan membosankan," ujar Musk.

Sementara Higgins sang penulis buku menanggapi tweet Musk dengan mengatakan ia memiliki banyak kesempatan untuk mengomentari buku ini, "Anekdot ini berasal dari akun percakapan Musk sendiri, menurut orang-orang yang mendengar menceritakan kembali pada saat itu," tweet Higgins

Tetapi, Musk memang mengakui bahwa dia pernah mempertimbangkan untuk menjual Tesla ke Apple, sayangnya itu tidak pernah terjadi. Ia juga mengaku berusaha bertemu dengan Cook membahas akuisisi Tesla. Namun, pertemuan itu ditolak oleh Cook, "Dia menolak untuk menghadiri pertemuan itu," ucap Musk.