Sukses Bezos dan Branson, Langkah Awal Swasta Mengeksplorasi Luar Angkasa
Kondisi tanpa bobot bisa menjadi sangat menarik untuk berbagai peneilitian dan pengembangan ilmiah. (foto: twitter @blueorigin)

Bagikan:

JAKARTA - Masa depan inovasi ruang angkasa akan dikendalikan oleh perusahaan swasta. Inilah prediksi mantan Administrator NASA, Jim Bridenstine, kepada CNBC Selasa, 20 Juli. Fakta itu didasari keberhasilan Jeff Bezos menjadi pendiri perusahaan ruang angkasa kedua yang pergi ke luar angkasa.

“Pengusaha komersial ini membuat langkah besar yang akan mengubah umat manusia dan memindahkan lebih banyak dari kita ke luar angkasa,” kata Bridenstine. “Masa depan akan muncul stasiun luar angkasa manusia, dimiliki dan dioperasikan secara komersial.”

Bridenstine, yang memimpin badan antariksa AS selama pemerintahan Trump, juga mengatakan lingkungan gaya berat mikro di ruang angkasa, di mana orang atau benda tampak tanpa bobot, adalah "sumber daya yang sangat berharga". Kondisi seperti itu dapat digunakan untuk meracik obat-obatan, membuat imunisasi, manufaktur maju, dan inovasi seperti membuat retina buatan manusia untuk bola mata.

“Ada semua jenis kemampuan yang dapat Anda lakukan dalam gaya berat mikro yang tidak dapat Anda lakukan di sumur gravitasi Bumi,” kata Bridenstine. “Ini memiliki implikasi pasar yang sangat besar, dan kami baru sekarang mulai memahami apa itu.”

Pernyataan Bridenstine datang ketika Blue Origin meluncurkan penerbangan luar angkasa berawak pertamanya Selasa pagi, dengan pendirinya, Bezos, di dalamnya. Sembilan hari yang lalu, Richard Branson adalah miliarder pendiri perusahaan ruang angkasa pertama yang terbang ke ruang suborbital. Dia melakukannya di pesawat ruang angkasa dari perusahaannya Virgin Galactic. 

Elon Musk, pendiri perusahaan ruang angkasa komersial ketiga, SpaceX, belum pernah ke luar angkasa. Musk juga CEO pembuat mobil listrik Tesla.

Misi ini dipimpin oleh “pengusaha yang menginvestasikan uang mereka sendiri. “Mereka tidak mendapatkan miliaran dolar dari pemerintah federal untuk membantu mengembangkan produk mereka di sini,” kata Bridenstine, yang kini menjadi penasihat senior untuk perusahaan ekuitas swasta Acorn Growth Cos. 

“Tujuan semua orang ini adalah untuk menurunkan biaya dan meningkatkan akses dan benar-benar melakukannya melalui inovasi,” tambahnya. 

Bezos, yang juga memulai Amazon, adalah salah satu dari tujuh miliarder, termasuk Branson dan Musk, yang mengantarkan era baru perjalanan ruang angkasa yang didorong terutama oleh investor yang bersemangat dari pada pemerintah negara adidaya.

Menurut laporan oleh perusahaan Space Capital yang berbasis di New York, investasi swasta di perusahaan luar angkasa mencapai 4,5 miliar dolar AS (Rp65 triliun) pada kuartal kedua tahun 2021. Ini menjadikan kuartal terkuat dalam catatan untuk investasi infrastruktur ruang angkasa meskipun hanya dua perusahaan luar angkasa SPAC yang ditutup pada waktu itu. bingkai.

Bridenstine memuji Bezos karena mendanai Blue Origin's New Glenn - roket orbital yang akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2022 - dan mesin BE-4 perusahaan, yang akan menggerakkan roket Vulcan United Launch Alliance, dalam upaya untuk mengakhiri ketergantungan Amerika pada Rusia untuk peluncuran luar angkasa.

“Langkah besar berikutnya dalam eksplorasi ruang angkasa adalah kembali ke bulan,” kata Bridenstine, pada peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan. Dia mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa Blue Moon dari Blue Origin pada akhirnya akan membawa orang ke permukaan bulan.

“Ruang benar-benar besar. Kami baru saja menggores permukaannya,” kata Bridenstine.