Virgin Galactic Umumkan Pemenang Undian Wisata ke Luar Angkasa
Misi Unity 22 yang mengirim pendiri perusahaan Richard Branson ke luar angkasa. (foto: Dok. Virgin Galactic)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih kesehatan dari negara di Karibia, Antigua dan Barbuda, Keisha S. berhasil memenangkan tiket pariwisata ke luar angkasa. Tiket itu ia menangkan dari undian yang diselenggarakan oleh Virgin Galactic.

Keisha akan menjadi orang pertama dari Karibia yang berkesempatan mengunjungi luar angkasa. Dia juga berharap untuk membawa putrinya yang mempelajari astrofisika dalam penerbangan tersebut.

“Saya selalu memiliki cinta seumur hidup untuk terbang dan ketertarikan dengan luar angkasa. Ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya," ungkap Keisha.

Selain memenangkan tiket ke luar angkasa, Keisha juga memenangkan tur Spaceport America di New Mexico. Sayangnya, belum ada kabar lebih lanjut kapan perjalanannya akan dilakukan.

Namun mengutip The Verge, Kamis, 25 November, Keisha bukanlah satu-satunya pemenang dari undian ini. Virgin Galactic mengumumkan rencananya untuk mengundi dua kursi di pesawat ruang angkasanya pada Juli menyusul peluncuran yang sukses dan kembalinya misi Unity 22 yang mengirim pendiri perusahaan Richard Branson ke luar angkasa.

Tahun 2021 melihat awal era baru misi luar angkasa swasta dan sipil. Kelompok pertama warga sipil terkenal karena kekayaan mereka berhasil menjajaki luar angkasa, seperti pendiri Amazon Jeff Bezos dan Branson dari Virgin Galactic.

Ke depannya, akan lebih banyak individu swasta yang menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan dolar untuk memesan kursi di penerbangan masa depan.

Tetapi perusahaan dan turis luar angkasa yang kaya juga telah melakukan upaya untuk membawa serta mereka yang tidak mampu melakukan perjalanan sendiri. Pada September lalu, penerbangan luar angkasa Inspiration4 SpaceX yang murni didanai miliarder Jared Isaacman menerbangkan dirinya dan tiga orang lainnya.

Namun, di tengah pariwisata luar angkasa menjadi tren, isu perubahan iklim juga patut diperhatikan oleh mereka. Hasil emisi pesawat luar angkasa yang digunakan mereka dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang fatal.