Industri Pariwisata Luar Angkasa: Perlombaan dan Pilihan yang Tersedia untuk Penggemar Super Kaya
Pariwisata luar angkasa, menawarkan pemandangan dari ketinggian namun hanya sekejap. (foto: twitter @SpacePerspectiv))

Bagikan:

JAKARTA - Industri pariwisata luar angkasa semakin berkembang dan menarik minat orang untuk menjelajahi ruang angkasa. Namun, tiket perjalanan yang sangat mahal membuat hanya orang kaya yang bisa menikmatinya. Seiring perkembangan industri ini, harapan mereka adalah harga tiket akan semakin terjangkau.

Dalam perlombaan untuk menawarkan perjalanan komersial reguler, siapa yang akan memenangkan perlombaan tersebut? jika uang bukanlah masalah, apa saja pilihan yang dapat diperoleh dari berbagai opsi yang ditawarkan?

Mulai dari pesawat luar angkasa Virgin Galactic milik Sir Richard Branson dan roket milik Jeff Bezos, hingga pelayaran balon stratosferik, perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dan hotel orbital, VOI melihat lebih dekat pilihan-pilihan tersebut.

Perusahaan Virgin Galactic yang dipimpin oleh miliarder Sir Richard Branson menjadi salah satu pemain utama dalam industri pariwisata luar angkasa. Perusahaan ini menawarkan perjalanan komersial dengan menggunakan pesawat ruang angkasa VSS Unity.

Harga tiket perjalanan Virgin Galactic mencapai 450.000 dolar AS atau sekitar Rp 6,5 miliar. Meskipun mahal, banyak orang kaya yang antusias untuk menikmati pengalaman berada di luar angkasa dengan pesawat ini.

Perjalanan dengan Virgin Galactic akan berlangsung selama 90 menit dengan biaya sekitar 4.000 pound per menitnya. Pengunjung juga dapat merasakan sekitar 5 menit tanpa gravitasi atau "melayang" di dalam pesawat. Terdapat 17 jendela pada pesawat VSS Unity yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan Bumi dari luar angkasa.

Virgin Galactic akan lepas landas dari Spaceport America, New Mexico dan mencapai ketinggian 50 mil atau sekitar 80 km dari permukaan Bumi. Namun, perlu dicatat bahwa pesawat VSS Unity tidak mencapai batas luar angkasa internasional yang diakui secara internasional atau Kármán line sekitar 62 mil atau sekitar 100 km dari permukaan Bumi.

Meskipun banyak rintangan dan kendala yang dihadapi dalam perjalanan ke luar angkasa, Branson berhasil mengalahkan saingannya Jeff Bezos dalam perlombaan menuju luar angkasa dengan selisih sembilan hari.

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa Virgin Galactic masih menjadi pemain utama dalam industri pariwisata luar angkasa. Saat ini, perusahaan sedang bersiap-siap untuk melakukan penerbangan perdana komersial pada musim panas ini atau mungkin pada tahun 2024. Pesawat VSS Unity mampu membawa hingga enam penumpang dan dua pilot.

Virgin Galactic harus bersaing dengan pesaing-pesaingnya, yang sudah lebih dulu memulai layanan penerbangan antariksa. Harga tiket yang relatif mahal, belum mencapai wilayah antariksa secara teknis, dan masalah keuangan yang dihadapi membuat Virgin Galactic semakin tertinggal dibanding pesaingnya. Selain itu, saudara perusahaan Virgin Galactic, Virgin Orbit, baru saja mengajukan kebangkrutan karena masalah keuangan yang mereka hadapi.

Blue Origin, perusahaan milik pendiri Amazon, Jeff Bezos, juga turut meramaikan kompetisi penerbangan wisata ke luar angkasa. Harga tiket untuk menaiki roket New Shepard Blue Origin berkisar antara 200.000 - 300.000 dolar AS atau sekitar Rp2,9 miliar - Rp4,3 miliar.

Penerbangan dimulai dari Van Horn, Texas dan berlangsung selama 10 menit dan 20 detik dengan ketinggian mencapai 62 mil atau sekitar 100 kilometer di atas permukaan bumi. Penumpang dapat merasakan efek gravitasi nol selama 3 menit dan menikmati pemandangan melalui enam jendela setinggi lebih dari 3 kaki dan lebar hampir 2,5 kaki.

Blue Origin sudah melakukan beberapa penerbangan uji coba dan diharapkan akan membuka penerbangan wisata ke luar angkasa untuk umum mulai tahun 2024. Roket New Shepard dapat menampung hingga 6 penumpang dengan waktu persiapan sebelum penerbangan selama 2 hari.

Sementara Axiom Space/SpaceX menawarkan penerbangan wisata orbital yang jauh lebih mahal dengan harga 55 juta dolar AS per tiket, termasuk biaya hidup selama 10 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pengalaman ini memungkinkan penumpang untuk berada dalam kondisi berat tanpa gravitasi selama beberapa hari dengan pandangan penuh bumi dari ISS. SpaceX akan mengoperasikan Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon untuk penerbangan ini. Perusahaan ini berencana untuk meluncurkan empat hingga lima penerbangan wisata ini mulai tahun 2022.

Zephalto menawarkan pengalaman penerbangan wisata dengan menggunakan balon stratosferik yang memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan atmosfer bumi dari ketinggian 15,5 mil (25 km).

Penerbangan ini akan berlangsung selama 6 jam dan harga tiketnya adalah 120.000 euro. Meskipun penumpang tidak akan merasakan berat tanpa gravitasi, tetapi mereka dapat menikmati panorama melalui jendela besar pada kabin Celeste.

Zephalto menjanjikan makanan bintang Michelin yang disajikan oleh koki Prancis dan pilihan anggur yang disiapkan oleh sommelier terkenal. Perusahaan ini berencana meluncurkan penerbangan pertamanya pada tahun 2025 dengan kapasitas 6 penumpang dan 2 pilot. Meskipun bukan ke ruang angkasa, pengalaman yang ditawarkan tetap menarik bagi mereka yang ingin merasakan petualangan di atas ketinggian tinggi.

Balon Céleste akan terbang pada ketinggian 15,5 mil atau sekitar 25 km di atas bumi, dua kali lebih tinggi dari rata-rata pesawat komersial. Para penumpang akan menikmati pemandangan spektakuler dari tepi angkasa yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh astronot.

Sementara itu, perusahaan Space Perspective menawarkan penerbangan dengan menggunakan kapal ruang angkasa Neptune yang diikat pada balon stratosfer. Biaya tiket sebesar 125.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Penerbangan berlangsung selama enam jam dengan pemandangan yang sangat luas. Para penumpang juga dapat menikmati minuman koktail dan duduk dengan santai di kursi yang dapat direbahkan.

Kapal ruang angkasa Neptune ini akan terbang pada ketinggian 20 mil atau sekitar 32 km di atas bumi. Meskipun belum mencapai ketinggian yang dianggap sebagai batas angkasa internasional, tetapi pengalaman yang ditawarkan oleh Space Perspective sangatlah menarik. Perusahaan ini berencana untuk melakukan penerbangan perdana pada akhir 2024 dan mampu menampung delapan penumpang.

Jepang juga menawarkan wisata angkasa dengan menggunakan balon helium, namun kapsulnya jauh lebih sederhana daripada yang ditawarkan oleh Zephalto dan Space Perspective. Start-up Iwaya Giken telah mengungkapkan prototipenya untuk mengangkat orang-orang ke ketinggian tinggi di atas bumi.

Perusahaan yang berbasis di Sapporo, Jepang utara, telah bekerja pada proyek ini sejak 2012 dan mengklaim telah mengembangkan kabin kedap udara berkapasitas dua kursi dan balon yang mampu naik hingga ketinggian 25 km (15 mil).

Pada ketinggian ini, penumpang Iwaya Giken dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari lengkungan Bumi. Meski tidak dilengkapi dengan fasilitas mewah, perusahaan ini memiliki rencana untuk mulai mengoperasikan penerbangan komersial secepat mungkin.

CEO Keisuke Iwaya mengatakan penerbangan wisata angkasa dengan perusahaan ini bisa dimulai akhir tahun ini, meski kemungkinan besar akan terjadi pada 2024. Harga tiket wisata angkasa yang ditawarkan sebesar 180.000 dolar AS untuk satu orang dan satu pilot dengan pengalaman selama 4 jam.

Kabin berbentuk drum berdiameter 1,5 m ini dilengkapi dengan beberapa jendela besar untuk memungkinkan penumpang menikmati pemandangan. Harga per menitnya sebesar 616 pound.

Sementara itu, di Spanyol, HALO Space berjanji untuk memberikan penerbangan balon luar angkasa 'nol emisi', membuatnya menjadi 'cara paling ramah lingkungan untuk mengunjungi ruang angkasa'.

HALO Space yang berbasis di Madrid telah merancang kapsul bulat yang bergaya yang dilampirkan pada balon yang bisa terbang pada tahun 2029.

Ini membuatnya menjadi salah satu usaha dengan waktu tunggu yang lebih lama untuk terbang, namun ketika HALO Space terbang, perusahaan tersebut menetapkan target ambisius untuk membawa 3.000 penumpang dalam 400 perjalanan setiap tahun.

HALO Space telah berhasil melakukan tes penerbangan pertamanya pada akhir tahun lalu, menerbangkan balon 23 mil ke tepi angkasa, dan berencana untuk melakukan tes lanjutan pada akhir paruh pertama tahun 2023 dari Seville.

Radian Aerospace, sebuah perusahaan penerbangan asal Bellevue, Washington, merancang pesawat antariksa yang sepenuhnya dapat digunakan kembali dan dapat lepas landas serta mendarat dari landasan pacu.

Diberi nama Radian One, kendaraan ini akan menjadi kendaraan satu tahap menuju orbit yang dapat dioperasikan kembali dalam waktu 48 jam. Meskipun tidak memiliki fokus pada pasar pariwisata, perusahaan tersebut mengklaim akan membuat penelitian, pembuatan barang di luar angkasa, dan pengamatan Bumi menjadi lebih mudah dan murah.

Saat ini, Radian Aerospace telah mengumpulkan dana sebesar 27,5 juta dolar AS dan ahli memperkirakan akan membutuhkan biaya lebih dari 1 miliar dolar AS untuk mengembangkannya. Hingga kini, tidak ada rincian mengenai tiket, durasi, atau kru yang akan terbang dengan Radian One.

Meskipun belum fokus pada pasar pariwisata luar angkasa, Radian Aerospace berusaha untuk menemukan cara untuk membuat penelitian, manufaktur di luar angkasa, dan pengamatan Bumi lebih mudah dan murah.

Pesawat ini dapat lepas landas dari negara bagian Washington, AS, tetapi didesain untuk mendarat di sebagian besar bandara utama, termasuk di Inggris seperti Heathrow, Manchester, Gatwick, Birmingham, dan Stansted. Saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga tiket atau jadwal penerbangan yang tersedia.