Setelah Apple, Kini Giliran Samsung Tegur Para Pembocor Perangkatnya
Samsung mulai bertindak tegas kepada pembcoro produknya. (foto: Valik Cherneyskyi / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir Juni lalu, Apple sempat menegur beberapa leaker (pembocor) terkait informasi produk yang mereka berikan sebelum meluncur. Kini, Samsung juga mengikuti langkah tersebut, yang menargetkan pembocor dengan teguran klaim hak cipta.

Mengutip Gizmochina, Jumat 9 Juli, temuan datang dari Reddit, yang menyatakan Samsung telah memulai serangan klaim hak cipta untuk menghapus gambar dan video dari kebocoran yang diinformasikan oleh Max Jambor dari AllAboutSamsung.

Begitupun dengan leaker andal Evan Blass, dia berencana akan menghapus postingan yang terkait dengan Samsung. Klaim hak cipta tersebut juga menyatakan perusahaan sebenarnya hanya mengincar para leaker, bukan outlet media dan portal lain yang melaporkan kebocoran ini.

Sejatinya, kebocoran merupakan pelanggaran rahasia perusahaan atas segala produknya. Tentu saja, langkah yang diambil dari perusahaan teknologi tersebut pada pembocor tidak mengejutkan. Bahkan Xiaomi juga baru-baru ini mengejar pembocor perangkatnya.

Samsung sendiri memiliki hak cipta yang mengklaim beberapa gambar. Bocoran biasanya menyebar dengan cepat sehingga mungkin tidak berdampak pada mereka secara keseluruhan. Selain itu, ini juga tidak termasuk kebocoran berbasis teks.

Diwartakan sebelumnya, Apple telah mengirim surat peringatan pada salah satu leaker andal. Adapun Kang, salah seorang pembocor yang cukup produktif dan andal terkait berita produk Apple. Kang memposting dalam akun Weibo-nya, bahwa ia telah menerima surat peringatan dari pengacara yang mewakili Apple.

Apple melangkah lebih jauh lagi, sebab bukan hanya Kang, tetapi perusahaan juga mengirimkan surat peringatan pada leaker lainnya. Namun, pembocor terpercaya L0vetodream di Twitter mengklaim bahwa mereka belum menerima surat dari pengacara Apple terkait kebocoran tersebut.

Dalam surat itu, Apple memperingatkan para leaker tidak boleh mengungkapkan informasi tentang produk atau proyek dari Apple yang belum dirilis secara resmi. Hal itu karena pembocoran dapat merugikan perusahaan dengan memberikan informasi berharga kepada pesaing Apple.