Dukung Kendaraan Ramah Lingkungan, Pangeran Charles Kunjungi Pabrik Mobil Hidrogen
Pangeran Charles melakukan test-drive Rasa, mobil bertenaga hidrogen. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA- Pangeran Charles, Selasa 6 Juli mengunjungi Riversimple, produsen mobil bertenaga hydrogen, yang terletak di Llandrindod Wells, Powys. Kunjungan ini sebagai bagian dari perjalanan selama seminggu ke Wales.

Setibanya di perusahaan itu, Pangeran Charles mengunjungi bengkel di mana ia melihat sejumlah kendaraan dan menemukan lebih banyak tentang proses produksi. Ia bercakap-cakap dengan para insinyur dan teknisi tentang Powys, sebelum akhirnya mengambil kemudi mobil model berwarna hijau itu. Mobil yang dinamai “Rasa” tersebut merupakan kendaraan listrik ringan dengan dua kursi yang bertenaga hidrogen.

Saat melakukan test-drive, Charles mendengar bagaimana Rasa tidak mengeluarkan apa-apa selain uap air murni dan dirancang untuk meminimalkan partikulat dari ban dan rem dengan bobotnya yang rendah, ban yang kecil, dan pengereman regeneratif yang tinggi.

Mobil ini memiliki jangkauan 300 mil dan disebut sebagai 'ringan untuk dikendarai, responsif dan menyenangkan untuk dikendarai' dengan 'kecepatan 0-60mph dalam 9,7 detik'.

Pangeran Charles yang dikenal dengan perhatiannya pada penghijauan dan lingkungan hidup, tampak senang ketika dia keluar dari mobil aerodinamis tersebut. Apalagi mobil memakai pintu kupu-kupu berteknologi tinggi yang ramping.

Riversimple sedang membangun Rasas untuk diujicobakan kepada masyarakat umum, baik di Monmouthshire, di mana mereka telah memasang bahan bakar hidrogen di pusat kota Abergavenny, dan di Milford Haven di Pembrokeshire.

Ini adalah yang pertama dalam berbagai kendaraan, termasuk van komersial ringan dan kendaraan keluarga, yang rencananya akan ditawarkan perusahaan kepada pelanggan dengan basis berlangganan.