Tinggalkan Android, Nokia Berencana <i>Move On</i> ke HarmonyOS
Nokia bisa menjadi smartphone no-Huwaei pertama yang memakai HarmonyOS, (foto: Pawel Czerwinski / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Nokia selama beberapa tahun terakhir telah menggunakan sistem operasi yang berjalan pada Android. Namun, perusahaan akan segera meninggalkan platform milik Google tersebut.

Menurut laporan yang dikutip dari Ubergizmo, Jumat 2 Juli, Nokia berencana untuk menjajal HarmonyOS milik Huawei. Untuk memperkuat dugaan, HMD Global juga sedang mempersiapkan ponsel yang diklaim sebagai Nokia X60 yang tampaknya akan berjalan di HarmonyOS. 

Jika laporan ini benar, itu akan menjadikannya smartphone non-Huawei pertama menggunakan platform tersebut. Langkah ini juga dapat membantu Huawei sedikit lebih banyak jangkauan yang bisa mendorong lebih banyak orang mengadopsi platform baru.

Kabar ini sebenarnya cukup mengejutkan, di tengah HMD Global sedang mempertimbangkan HarmonyOS sebagai sistem operasinya, mengingat itu masih merupakan platform yang relatif baru. 

Sebagai catatan, Huawei memang memiliki jangkauan dan penggemar yang berpotensi membuat sistem operasi baru untuk menyaingi iOS dan Android. Tetapi, hanya waktu yang akan menentukan apakah mereka akan berhasil.

Tentu saja langkah Nokia ini begitu menarik, dan patut ditunggu apakah Nokia X60 akan meluncur ke Amerika Serikat (AS). Dengan hubungan AS dan China yang saat ini masih berada di titik rendah, tidak yakin apakah pemerintah AS akan menerima ponsel yang menjalankan HarmonyOS, karena Huawei sempat dituduh sebagai mata-mata negara asalnya.