Wahana Antariksa Milik NASA, Juno Amati Bulan Ganymede di Jupiter
Juno dekati bulan Jupiter, Ganymede (Space)

Bagikan:

JAKARTA – Penjelajahan luar angkasa terus dilakukan untuk mencari planet-planet di alam semesta.  Kali ini wahana antariksa milik NASA dikabarkan sudah mendekati salah satu bulan milik Jupiter, yakni Ganymede.

Melansir Slashgeari, wahana antariksa NASA Juno sedang melakukan mengamati salah satu planet terbesar di tata surya, yakni Jupiter dan bulan-bulannya sejak tahun 2016 lalu. Pada hari Senin, Juno berada di jarak 645 mil dari permukaan Ganymede.

Hal ini merupakan jarak terdekat yang pernah dilakukan pesawat antariksa sejak Galileo pada Mei tahun 2000 silam. Ganymede merupakan salah satu bulan Jupiter terbesar yang memiliki diameter 3.270 mil dan mempunyai ukuran lebih besar dari planet Merkurius.

Wahana antariksa Juno menggunakan kamera yang disematkan dalam dirinya untuk memotret bulan Jupiter dan sejumlah instrumen lainnya. Data-data tersebut akan dikumpulkan untuk membantu para astronom dalam mempelajari komposisi Ganymede, termasuk lapisan esnya.

Para ilmuwan mengklaim bahwa wahana antariksa Juno mempunyai peralatan yang lengkap guna mempelajari Ganymede. Hal tersebut belum digunakan di masa lalu.

Dekatnya Juno ke permukaan Ganymede menguntungkan para ilmuwan untuk menjelajahi Ganymede ke abad 21. Para peneliti tersebut meyakini data-data yang diambil oleh Juno bisa melengkapi misi mereka di masa depan guna membantu generasi berikutnya dalam mempersiapkan misi ke sistem Jupiter.

Ganymede merupakan bulan Jupiter yang menarik perhatian para ilmuwan. Bulan tersebut tidak hanya memiliki ukuran yang lebih besar dari planet Merkurius, namun juga mempunyai inti besi yang tertutup lapisan batu yang di atasnya dilapisi es tebal.

Para astronom meyakini kemungkinan adanya lautan yang berada di bawah permukaan Ganymede. Pada tahun 1996, para astronom yang meneliti Ganymede menemukan atmosfer oksigen tipis. Meskipun temuan itu cukup mengejutkan, nyatanya atmosfer tersebut terlalu tipis untuk menopang kehidupan manusia.

Sebagai informasi, Ganymede merupakan nama yang diambil dari tokoh mitologi Yunani. Dia merupakan sosok pahlawan agung yang berasal dari Troy.