Bagikan:

JAKARTA - Salah satu dari Bulan Jupiter yakni Ganymede, ternyata memiliki suara sekaligus pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya, sebuah karya seni yang menakjubkan.

Suara serta pemandangan itu berasal dari pesawat ruang angkasa milik NASA, Juno yang diambil pada 7 Juni lalu. Juno terbang dekat Ganymede, sehingga berhasil mendapatkan karya seni dari planet terbesar di Tata Surya ini.

Klip audio berdurasi 50 detik itu dibuat oleh gelombang radio listrik dan magnetik yang dihasilkan oleh medan magnet planet dan diambil oleh instrumen Waves Juno, yang dirancang untuk mendeteksi gelombang ini. NASA kemudian melanjutkan untuk menggeser frekuensi emisi yang dikumpulkan ke dalam rentang audio untuk membuat trek audio.

“Soundtrack ini cukup liar untuk membuat Anda merasa seolah-olah sedang berkendara saat Juno berlayar melewati Ganymede untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade. Jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda dapat mendengar perubahan mendadak ke frekuensi yang lebih tinggi di sekitar titik tengah rekaman, yang menunjukkan masuknya wilayah yang berbeda di magnetosfer Ganymede," ungkap Peneliti utama proyek Juno, Scott Bolton seperti dikutip dari Mashable, Senin, 20 Desember.

Lebih lanjut, lintasan Juno di Ganymede terjadi pada perjalanannya yang ke-34 mengelilingi Jupiter dan merupakan pesawat ruang angkasa terdekat yang pernah sampai ke Bulan terbesar Tata Surya itu.

Pesawat ruang angkasa tersebut berhasil mencapai jarak 645 mil (1.038 kilometer) dari permukaan Ganymede saat melakukan perjalanan dengan kecepatan 41.600 mph (67.000 kph).

"Ada kemungkinan perubahan frekuensi tak lama setelah pendekatan terdekat adalah karena berpindah dari sisi malam ke siang hari Ganymede," ujar peneliti utama instrumen Waves, William Kurth.

Sementara itu, Juno juga menghasilkan gambar dari Jupiter yang menunjukkan pandangan dari dekat dua sistem badai berputar di planet ini.

"Anda bisa melihat betapa indahnya Jupiter. Ini benar-benar palet seniman. Ini hampir seperti lukisan Van Gogh. Anda melihat pusaran yang luar biasa ini dan awan yang berputar-putar dengan warna berbeda," jelas Bolton.

Gambar-gambar yang menakjubkan secara visual ini membantu para ilmuwan lebih memahami Jupiter dan banyak misterinya. Diketahuo, Juno diluncurkan pada tahun 2011, misinya bertujuan untuk memajukan pemahaman tentang bagaimana planet raksasa terbentuk dan peran yang mereka mainkan dalam penciptaan Tata Surya.

Penasaran seperti apa suara Bulan Ganymede milik Jupiter? Dengarkan di bawah ini.