Akhir Bulan Ini Jupiter Akan Mendekati Bumi dalam Jarak Terdekatnya Selama 70 Tahun
Jupiter sering kali dianggap sebagai planet terindah di Tata Surya. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Jupiter sering kali dianggap sebagai planet terindah di Tata Surya, dan akhir bulan ini, ia akan mencapai oposisi. Di mana Jupiter dapat di lihat dengan jelas dari Bumi.

Planet itu akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi, menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan tepat pada malam Senin, 26 September. Oposisi Jupiter terjadi setiap 13 bulan, tetapi oposisi kali ini sangat istimewa.

Sebab, Jupiter akan melakukan pendekatan terdekatnya ke Bumi dalam 70 tahun pada jarak 365 juta mil dari Bumi, berlawanan dengan jarak 600 juta mil pada titik terjauhnya. Ketika melihat dari Bumi ke Jupiter, jarak antara kedua planet akan menjadi pendek saat planet-planet itu berlawanan.

Artinya, Bumi berada tepat di antara Matahari dan Jupiter, sehingga saat Matahari terbenam di barat, Jupiter terbit di timur. Itulah siklus 13 bulan dari oposisi yang khas, tetapi oposisi ini tidak biasa.

Melansir Digital Trends, Senin, 19 September, nantinya, semua planet di Tata Surya akan mengorbit mengelilingi Matahari, tetapi meskipun orbit ini secara kasar melingkar, mereka tidak sempurna.

Ada kalanya mereka lebih dekat dengan Matahari (disebut perihelion), dan ada kalanya lebih jauh (disebut aphelion).

Hal itu membuat beberapa minggu ke depan menjadi waktu yang tepat bagi para pengamat bintang untuk melihat ke Jupiter.

Mereka yang memiliki akses ke teleskop atau teropong seharusnya bisa mendapatkan pemandangan indah tidak hanya Jupiter tetapi juga bulan-bulannya.