Ilmuwan Temukan Asteroid Dekat Bumi yang Selama ini Tak Terlihat karena Silau Sinar Matahari
Asteroid yang tak terlihat karena silau Matahari. (foto: dok. pixabay)

JAKARTA - Asteroid yang bersembunyi di antara Bumi dan Matahari tetapi tersembunyi oleh silau bintang kita, dapat membantu menjelaskan sejarah tata surya. Hal ini diungkapkan oleh seorang ilmuwan dan astronom Scott Sheppard, dari Carnegie Institution for Science di Washington DC.

Ia meneliti tentang temuan objek dekat Bumi (NEO) yang baru saja dimulai. Temuan ini muncul karena teleskop cenderung menjauh dari planet kita sehingga dapat menghindari silau matahari. Namun, survei baru yang mengintip ke arah lain mengungkapkan lebih banyak NEO, termasuk asteroid yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Sheppard dan pakar lainnya mengatakan telah menemukan dan melacak batuan luar angkasa ini bisa menjadi vital dalam membantu meningkatkan pemahaman kita tentang pembentukan planet dan sejarah tata surya.

“Survei teleskopik baru yang menantang silau sinar Matahari dan mencari asteroid ke arah Matahari saat senja,” tulis Sheppard dalam kolom di jurnal Science terbaru, yang juga dikutip Daily Mail. “Survei ini telah menemukan banyak asteroid yang sebelumnya belum ditemukan di dalam Bumi.”

Penemuan tersebut termasuk asteroid pertama dengan interior orbit ke Venus yang bernama 'Ayló'chaxnim 2020 AV2 dan asteroid yang saat ini memiliki periode orbit terpendek yang diketahui mengelilingi matahari, yang disebut 2021 PH27.

Pemodelan telah meramalkan bahwa batuan ruang angkasa ini seharusnya ada tetapi sekarang teleskop sebenarnya mulai mengkonfirmasi keberadaan mereka.

Di antara observatorium adalah kamera Zwicky Transient Facility di California dan teleskop 4 meter Blanco National Science Foundation di Chili.

Ada lebih dari 26.000 asteroid dekat Bumi, menurut NASA, meskipun hanya sekitar 10.000 di antaranya yang berukuran lebih besar dari 450 kaki (140 m).

Mereka dikategorikan berdasarkan posisinya di tata surya kita — misalnya, Atiras mengorbit interior ke Bumi dan interior Vatiras ke Venus.

Pada tahun 2026, teleskop antariksa Near-Earth Object Surveyor (NEO Surveyor) badan antariksa AS akan diluncurkan untuk membantu mendeteksi lebih banyak asteroid ini.

Teleskop ini akan diposisikan antara Bumi dan matahari untuk lebih melihat batuan luar angkasa yang saat ini tidak dapat dilihat karena posisinya di luar angkasa.

Menurut para ahli yang didanai NASA, beberapa asteroid dapat 'menyelinap' pada kita berkat kekhasan rotasi Bumi yang membuat mereka tampak seperti hampir tidak bergerak dan membuatnya sulit untuk dideteksi.

Para ilmuwan menyelidiki bagaimana teleskop hampir melewatkan asteroid selebar 328 kaki yang berada dalam jarak 43.500 mil dari Bumi pada tahun 2019.

Batu ruang angkasa, yang dijuluki '2019 OK', adalah objek pertama dengan ukurannya yang sedekat itu dengan planet kita sejak 1908, tetapi hanya terlihat 24 jam sebelum pendekatan terdekatnya.

Alasannya, tim menentukan, adalah karena ia bergerak ke arah kita sedemikian rupa sehingga gerakannya melintasi langit malam dilawan oleh putaran bumi.

Jadi, untuk sistem peringatan dini seperti Pan-STARRS1 di Observatorium Haleakala Hawaii, 2019 OK tampak tidak bergerak, jadi tidak memicu perangkat lunak pendeteksi otomatis.

Faktanya, para ahli mengatakan, hingga setengah dari asteroid yang mendekati Bumi dari zona bahaya di sebelah timur 'oposisi' kemungkinan mengalami periode gerakan lambat yang tampak seperti itu.

Ini berarti bahwa setengah dari asteroid ini saat ini juga sulit untuk dideteksi  dan teleskop terkomputerisasi perlu diperbarui untuk memperhitungkan efeknya.

Para ilmuwan berpikir bahwa sebagian besar NEO adalah asteroid yang telah copot dari sabuk utama antara Mars dan Jupiter.

Namun, Sheppard percaya mungkin juga ada reservoir bagian dalam yang stabil dari NEO yang menggantikan asteroid yang berputar ke tata surya yang lebih luas, menabrak planet, atau dilenyapkan oleh matahari.

Para ilmuwan tahu bahwa jumlah NEO telah stabil selama beberapa miliar tahun terakhir, setelah mengamati kawah di planet dan bulan. Namun fakta bahwa mereka memiliki orbit yang tidak stabil dan gerakan tak terduga yang disebabkan oleh matahari, menunjukkan bahwa mereka sedang diisi ulang dalam beberapa cara.

"Gerakannya tergantung pada rotasi, ukuran, albedo, dan jarak asteroid dari matahari," tulis Sheppard. “Semakin kecil asteroid dan semakin banyak sinar matahari yang diserapnya, semakin besar pergerakannya.”

Penemuan NEO seharusnya membantu para ilmuwan untuk memahami lebih banyak tentang pergerakan mereka, dan bagaimana jumlah mereka berhasil tetap stabil dalam jangka waktu yang lama.

Para ahli percaya bahwa sekitar 90 persen dari apa yang disebut NEO 'pembunuh planet' - yang hanya lebih dari setengah mil (1 km) atau lebih, telah ditemukan.

“Beberapa NEO 1-km terakhir yang tidak diketahui kemungkinan memiliki orbit yang dekat dengan matahari atau kemiringan tinggi, yang menjauhkan mereka dari bidang survei NEO utama,” tambah Sheppard.