Wujud Komet NEOWISE yang Akan Terlihat Lagi Setelah 6.800 Tahun
Potret Komet NEOWISE (Instagram @Lapan_RI)

Bagikan:

JAKARTA - Petang ini langit Indonesia masih disuguhkan pertunjukan alam paling bersejarah, yakni komet NEOWISE atau disebut C/2020 F3. Ini merupakan pemandangan paling langka yang bisa dinikmati sekali seumur hidup, pasalnya komet NEOWISE baru bisa terlihat lagi setelah 6.800 tahun untuk berada di posisi terdekatnya dengan Bumi. 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan, masyarakat Indonesia masih bisa menyaksikan komet ini hingga Sabtu 25 Juli mendatang. Untuk mengamati objek luar angkasa ini, LAPAN menyebutkan bahwa komet NEOWISE bisa disaksikan di arah barat laut dan akan terlihat baik ketika matahari telah tenggelam.

"Selepas senja, langit kita kedatangan tamu 'pengembara' yang datang dari Tata Surya bagian luar," tulis LAPAN dalam akun instagram resminya, Jumat, 24 Juli. 

Meski dimungkinkan melihatnya dengan mata telanjang, LAPAN menyerankan agar masyarakat Indonesia memanfaatkan alat bantu untuk mengamati komet NEOWISE. Untuk mengamatinya bisa menggunakan teleskop, binokuler, atau kamera digital.

"Saat ini komet berada di daerah rasi bintang Ursa Mayor (rasi Biduk), sekitar arah barat laut saat senja. Kita bisa menggunakan peta langit untuk membantu menemukan posisi rasi bintang tersebut," urai LAPAN.

Adapun lokasi terbaik untuk bisa menyaksikan komet ini, bisa dilakukan di Bandung, Tanjungsari, Pameungpeuk, Watukosek, Pontianak, Kototabang, Tomohon, Pare-Pare, Tilong, dan Biak. Dalam mengamati komet NEOWISE, LAPAN menganjurkan untuk di tempat lapang dan minim akan cahaya. 

Setelahnya, komet ini akan perlahan menghilang dari jarak pandang Bumi. Lantaran astroid ini merupakan benda langit dengan orbit lintasan parabolik yang bergerak mundur atau retrograde, sehingga menjauhi matahari. 

Artinya komet yang berhasil dipotret teleskop Hubble pada 20 Maret itu, akan membutuhkan waktu selama 6.800 tahun untuk bisa mengelilingi matahari. Penamaan NEOWISE diambil dari istilah Near Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer atau objek luar angkasa yang mendekati Bumi. 

Komet NEOWISE menambahkan daftar peristiwa astronomi yang terus meningkat yang telah terjadi pada bulan Juli, termasuk kecerahan puncak Jupiter dan Saturnus (masing-masing pada 14 dan 20 Juli) dan hujan meteor ganda pada akhir bulan.