Arkeolog Dibuat Bingung Temukan Tengkorak Mirip Alien Viral di Sosmed
Temuan tengkorak mirip alien (dok. Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Arkeolog dibuat bingung dengan temuan tengkorak yang diklaim sebagai alien. Foto tengkorak tersebut diunggah ke Facebook dan viral, penemuan itu berlokasi di Peru.

Mengutip laman Futurism, profesor antropologi dari University of Wyoming Melissa Murphy membantah hal tersebut. Murphy memastokan bahwa tengkorak tersebut hampir berasal dari manusia biasa.

"Rongga mata normal dan sempurna dalam kisaran variasi manusia dan terlihat seperti rongga mata tengkorak manusia lain dari Peru," ungkap Murphy.

Jika di lihat sekilas, tengkorak ini seperti terlihat tidak biasa. Unggahan video YouTube yang dibagikan pada postingan Facebook itu juga menunjukkan beberapa tengkorak dengan bentuk tulang ubun-ubun yang memanjang, mengingatkan pada wujud alien dalam penggambaran budaya pop.

Dijelaskan Murphy, orang-orang kuno di wilayah Peru, memiliki sejarah panjang menggunakan teknik pengikatan kepala. Budaya ini membentuk tengkorak manusia menjadi bentuk yang tidak biasa. 

"Pembentukan kepala yang disengaja adalah bentuk modifikasi budaya tubuh yang menandai hal-hal berbeda, seperti identitas seseorang, ritus perjalanan atau pekerjaan," jelas Murphy.

Namun, bukan berarti temuan tengkorak ini tidak penting. Sebab, para ilmuwan dan arkeolog berencana untuk mempelajari tengkorak tersebut yang kini disimpan di National Museum of Archaeology, Anthropology and History of Peru .