Ilmuwan: Tidak Lama Lagi Manusia Bisa Melakukan Kontak dengan Alien
Ilustrasi alien (Stephen Leonardi/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Para ilmuwan meyakini, jika manusia di masa mendatang akan bisa bertemu dengan mahkluk asing atau alien. Bahkan memungkinkan untuk menjalin kontak dengan peradaban alien.  

Hal itu diungkapkan Michio Kaku, ahli fisika di City Collger of New York, Amerika Serikat (AS) yang meyakini jika tak lama lagi sisi lain dari kehidupan di alam semesta akan segera ditemukan. Adapun alasan keyakinannya alien dapat ditemukan adalah makin canggihnya teknologi teleskop.

"Kemungkinannya cukup tinggi bahwa kita dapat melakukan kontak dengan peradaban alien. Kita akan segera memiliki teleskop Webb di orbit dan kita akan bisa mengamati ribuan planet," kata Kaku seperti dilansir dari Sputnik News, Rabu, 7 April.

Di sisi lain, Kaku juga tak mau bertaruh pada hipotesis yang mengatakan bahwa alien di luar sana akan ramah, sehingga kita bisa melakukan kontak dengan alien. Ia mencontohkannya dengan penaklukan Spanyol ketika menemukan kerajaan Aztec pada abad 16.

"Kita semua tahu apa yang terjadi pada Montezuma ketika dia bertemu dengan Cortes di Meksiko beberapa ratus tahun yang lalu," ungkapnya.

Hal semacam itulah yang dikhawatirkan Michio, mengingat hal yang sama bisa saja terjadi jika manusia terlalu naif menghubungi alien. Misalnya memastikan apakah mereka alien yang damai atau agresif, mengingat masalah teknologi dan jarak bisa jadi penghalang besar.

"Secara pribadi, kupikir mereka akan bersahabat tapi kita tidak bisa berjudi soal itu. Jadi kupikir kita memang harus melakukan kontak tapi kita harus melakukannya dengan sangat hati-hati," jelasnya.