Cuan! Iran Dapat 1 Miliar Dolar AS dari Penambangan Bitcoin
Iran tambang bitcoin hasilkan 1 miliar dolar AS (Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA – Iran berhasil meraup pendapatan sebanyak 1 miliar dolar AS hasil mining bitcoin. Laporan tersebut dikabarkan oleh sebuah lembaga survey blockchain bernama Elliptic.

Melansir Bitcoin News, lembaga survey tersebut mengatakan aktivitas penambangan yang diatur bisa meningkatkan pendapatan hingga 1 miliar dolar AS. Hal ini diklaim dapat membantu Iran agar terhindar dari sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Laporan dari lembaga tersebut mengatakan bahwa saat ini Iran telah memberikan sumbangan sebesar 4,5 persen dari seluruh aktivitas penambangan Bitcoin global.

“AS menerapkan embargo ekonomi hampir secara total kepada Iran, termasuk laranga atas semua impor Iran dan sanksi terhadap lembaga keuangan Iran,” tulis Elliptic sebagaimana dikutip dari Bitcoin News.

“Ekspor minyak telah anjlok 70 persen selama dekade terakhir, membuat negara mengalami resesi yang dalam dengan melonjaknya pengangguran dan periode kerusuhan sipil.”

Berdasarkan laporan tersebut, konsumsi energi untuk mining bitcoin di Iran sendiri tidak mahal. Penyebabnya adalah menurunnya harga minyak yang berlimpah di negara tersebut.

Hal ini berarti konsumsi energi untuk aktivitas penambangan menjadi murah bagi Iran. Oleh karena itu, pemerintah mengizinkan para investor asal China untuk memainkan peran pentingnya dalam perkembangan ekonomi kripto di Iran.

“Sejumlah bisnis (milik investor) China telah diberi izin untuk menambang dan sudah beroperasi di negara tersebut. Perusahaan-perusahaan ini sudah menjelaskan hubungan baik dengan ‘tentara di Iran’, dan satu fasilitas yang sangat besar di Zona Ekonomi Khusus Rafsanjan dikabarkan sedang dibangun yang merupakan hasil kerja sama dengan ‘organisasi militer’,” tulis laporan Elliptic.

Aktivitas penambangan Bitcoin di negara tersebut telah membantu meningkatkan perekonomian Iran. Berlimpahnya energi minyak dimanfaatkan untuk menghasilkan Bitcoin guna dijual ke pasar global.

Pada penghujung April lalu, Iran dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan pihak perbankan menyediakan perdagangan uang kripto. Badan intelijen Iran juga dikabarkan tengah memburu para penambang Bitcoin ilegal di negara tersebut.