Banyak Adegan <i>Fatality</i> di <i>Mortal Kombat</i> Kena Sensor, Netizen Serbu Akun LSF
Poster film Mortal Kombat (instagram @Mortalkombatmovie)

Bagikan:

JAKARTA - Film Mortal Kombat resmi tayang di bioskop Indonesia, sejak Rabu 14 April kemarin. Film adaptasi video gim populer ini menjanjikan adegan-adegan penuh darah dan sangat brutal.

Banyaknya adegan penuh kekerasan tentu daya tarik sekaligus kekhawatiran tersendiri bagi para fans. Mengingat sensor film di Indonesia bisa dikatakan cukup ketat mengenai hal tersebut. 

Alhasil netizen dan para penonton Indonesia kecewa dengan penayangan film Mortal Kombat di Indonesia. Pasalnya, banyak adegan fatality yang menjadi ciri khas gim Mortal Kombat harus kena sensor. 

Di sisi lain, sensor untuk film Mortal Kombat termasuk hal wajar. Apalagi film ini memang ditujukan untuk penonton dewasa dengan rating R (Restricted).

Lewat akun Instagram resmi Lembaga Sensor Film Indonesia juga mengunggah ketentuan sensor yang tertuang dalam Pasal 9 Permendikbud No.14 Tahun 2019. Dituliskan jika film Mortal Kombat berdurasi 110 menit, boleh disaksikan oleh penonton dengan usia minimal 17 tahun, dan film ini mengandung kekerasan.

Namun sayang, netizen sudah terlanjur kecewa dan melampiaskan kekesalannya pada akun resmi @lsf.ri. Lantaran berbagai adegan sadis yang memang sudah lekat dengan Mortal Kombat dihilangkan begitu saja.

"Mortal Kombat tanpa fatality tuh sama kayak beli sapi lada hitam, tapi enggak pake daging sapi," komentar netizen.

"Jujur agak kecewa sih sama lembaga sensor film (LSF), sayang aj film Mortal Kombat yang keren malah jadi nggak nyaman selama ditonton, memang nggak ngaruh ke cerita sih, tapi kan kita nontonya jadi nggk sedep karna dipotong-potong. Parah sih rate 17+ nggak guna," tulis netizen lainnya.

Tak sedikit netizen yang memilih untuk menonton Mortal Kombat di layanan HBO Max, karena menayangkan film tanpa sensor meski harus menunggu hingga tanggal 23 April mendatang. Apalagi kehadiran aktor laga Indonesia, Joe Taslim yang berperan sebagai Sub Zero dengan aksi-aksi brutalnya. 

Ditambah banyaknya callback dari beragam quote khas petarung Mortal Kombat yang diadaptasi, seperti teriakan "Get Over Here, Kano Wins, hingga Finish Him." Tentunya film Mortal Kombat akan membangkitkan kenangan masa lalu dari video gim populer tersebut.

Mortal Kombat tayang perdana di bioskop sejak Rabu, 14 April 2021. Mortal Kombat disutradarai oleh Simon McQuoid dan diproduksi oleh James Wan dan Todd Garner. Selain Joe Taslim yang berperan sebagai Sub-Zero, film yang diadaptasi dari franchise game fighting Mortal Kombat oleh Midway Games dan NetherRealm Studios ini akan dibintangi sejumlah aktor ternama lainnya seperti, Ludi Lin (Liu Kang), Jessica McNamee (Sonya Blade), Hiroyuki Sanada (Scorpion), Mehcad Brooks (Jax), Lewis Tan (Cole Young), dan Chin Han (Shang Tsung).