Pengembang <i>Age of Empires IV</i> Bakal Ajak Kamu Belajar Sejarah Sambil Main Gim
Formasi pertempuran pada Age of Empire IV (Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak awal gim Age of Empire diluncurkan pada dekade 90-an, pengembang selalu menggunakan latar belakang sejarah. Seperti peradaban, senjata, hingga jenis formasi bertahan atau menyerang.

Hingga seri ketiga, pengembang hanya mengulang formula yang sama. Perbedaan cuma terdapat pada segi grafis, gameplay, serta persenjataan dan peradaban yang bisa dimainkan.

Namun, Microsoft dan Relic Entertainment ingin menawarkan sesuatu yang berbeda dari seri terbaru Age of Empires IV (AoE IV). Nantinya, pemain akan diajak mempelajari sejarah sambil bermain game. Sesuatu yang tentu patut ditunggu.

Mengutip The Verge, seri terbaru Age of Empires bakal dibekali narasi dokumenter. Narasi berisi penjelasan peristiwa bersejarah itu akan diselipkan pada Mode Campaign, mode permainan di mana pemain bakal diajak menyelesaikan tugas dan cerita yang sudah disiapkan.

Tak hanya sisi cerita saja yang mendapatkan fokus pengembangan. Perusahaan juga sudah menambahkan musik, karya artistik, hingga penggunaan bahasa berdasarkan periode waktu tertentu. Semua itu diambil dari peristiwa bersejarah yang sudah diperhitungkan akurasinya.

Dengan Latar Belakang yang Sama

Saat pertama kali dimainkan, AoE IV bakal menyuguhkan latar belakang khas Abad Pertengahan. Seperti biasa, pemain akan dibekali sepetak sawah, penduduk, serta ternak.

Tugas pemain pun sederhana saja, mengembangkan wilayah pedesaan serta mengatur sumber daya. Tak hanya itu, pemain juga diminta untuk mempertahankan desa ketika ada serangan dari musuh atau peradaban lain yang lokasinya berdekatan.

Melalui Age of Empire IV, Anda bisa merasakan nostalgia terhadap permainan lawas ini. Pula, Anda juga bisa mendapatkan tantangan berkat penambahan beragam senjata, jenis prajurit, serta peradaban. Kemenangan terletak di tangan Anda sebagai pengatur strategi, baik strategi untuk bertahan, menyerang, hingga mengatur sumber daya agar wilayah berkembang.

Gameplay permainan (Microsoft)

Sembari terlibat dalam pertempuran berlatar periode sejarah tertentu, pemain juga bisa memainkan Mode Campaign. Seperti seri sebelumnya, mode ini berisi cerita dengan durasi yang begitu panjang. Anda bisa meningkatkan peradaban hingga masa pertempuran antar-robot!

Namun, berbeda dari seri sebelumnya, setiap cerita pada Mode Campaign sudah ditambahi dengan konteks peristiwa. Baik dari pertempuran yang harus Anda hadapi, hingga misi yang harus diselesaikan.

Tak hanya itu, pemain juga akan disuguhi catatan dokumenter yang berisi keterangan dari tempat berlangsungnya peristiwa bersejarah tersebut. Menurut pengembang, model baru ini merupakan upaya perusahaan untuk memberikan pemain penjelasan terhadap setiap tugas yang harus diselesaikan.

Alih-alih sekadar menyelesaikan agar peradaban berkembang, pemain pun bisa lebih memahami konteks yang melatarbelakang setiap peristiwa. Cukup menantang dan menarik, bukan?

Menurut rencana, gim berjenis real-time strategy ini bakal tersedia untuk PC Windows. Anda bisa mengunduhnya lewat Steam, Microsot Store, dan Xbox Game Pass mulai musim gugur tahun ini.