<i>Undawn</i>, Gim <i>Open-world Survival Shooter</i> Baru Garena
Game Undawn (InsideSport)

Bagikan:

JAKARTA - Gim bertema battle-royale masih memiliki peminat besar. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lain. Keseruan aksi baku tembak serta nuansa menegangkan dalam bertahan hidup terbukti jadi formula yang sukses membuat pemain kecanduan.

Lalu, bagaimana jika formula tersebut digabungkan dengan mode survival ala film The Walking Dead? Tentu bisa jadi tawaran menarik di tengah gameplay battle-royale yang gitu-gitu aja, bukan?

Dan jenis permainan itulah yang ditawarkan oleh Undawn, game battle-royale anyar yang dikembangkan studio yang kondang berkat PUBG Mobile, yakni Lightspeed and Quantum Studios.

Mengutip BGR, studio pengembangan gim yang bermarkas di Shenzhen ini berencana bakal meluncurkan judul anyarnya pada akhir tahun 2021 nanti. Kali ini, studio tersebut menggandeng Garena sebagai publisher game.

Gameplay Undawn

Dalam dunia hiburan, zombiepocalypse, atau kiamat yang diakibatkan serangan virus mematikan yang mengubah semua manusia jadi zombie, bukanlah hal yang baru. Kita bisa menemukan ratusan judul permainan yang menggunakan latar belakang cerita ini.

Seperti ingin mengulang kesuksesan Resident Evil namun dengan konsep yang berbeda, Undawn menggunakan latar belakang tersebut. Sebuah dunia di mana peradaban manusia berakhir akibat serangan zombie.

Memang, dari poster serta trailer yang sudah kadung menyebar, kita bisa menemukan banyak kemiripan antara Undawn dengan PUBG Mobile. Padahal, menurut bocoran dari perusahaan, gameplay  yang ditawarkan tidaklah sama!

Alih-alih bertahan hidup dari pemain lain dalam suasana kompetitif, Anda, sebagai pemain, diminta untuk bertahan dari serangan zombie. Sebagaimana kisah The Walking Dead, kamu bisa membangun markas, mengumpulkan sumber daya, serta mencari teman yang bisa diajak bertahan hidup bersama.

Tak hanya itu, Undawn juga menawarkan pengalaman yang lebih variatif. Jadi, pemain tak hanya diminta untuk bertahan dengan latar belakang kota yang terbengkalai saja –gambaran yang kerap kita temui dari film zombie. Pemain juga bisa merasakan nuansa bertahan hidup di tengah hidup. Tapi, dengan musuh yang sama.

Gunakan Engine Unreal 4 Demi Suguhkan Pengalaman Zombiepocalypse Lebih Nyata

Mengutip halaman FAQ dari situs resmi Undawn, gim ini rencananya bakal bisa dimainkan lewat beragam platform. Artinya, semua pemain bisa bermain dengan pemain dari platform lain. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait platform apa saja yang bisa mendukung gim Undawn.

Beruntungnya, sedikit bocoran terkait mesin yang dipakai bisa membuat penggemar optimis terhadap gim ini. Seperti diberitakan Inside Sport, pengembang mengandalkan mesin Unreal 4 dalam pengembangan gim ini.

FYI saja, mesin tersebut juga sudah dipakai pada beberapa judul gim populer. Seperti Fortnite: Battle Royale, Hellblade: Senua’s Sacrifice, Street Fighter V, hingga yang paling kondang Final Fantasy VII Remake.

Artinya, grafis 3D detail dengan efek yang mengagumkan bakal ditawarkan oleh gim ini. Mengingat judul lain yang menggunakan mesin tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama.