Begini Cara Cek Kuota Belajar dari Kemendikbud, XL, Indosat hingga Telkomsel,
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota internet untuk periode April 2021. Kuota gratis ini sudah bisa dimanfaatkan pelajar untuk melakukan proses belajar daring. 

"Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11 sampai 15, tiap bulannya," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim di kanal YouTube resmi Kemendikbud, beberapa waktu lalu.

Masa aktif kuota internet berlaku selama 30 hari, terhitung sejak diterima peserta didik dan pendidik. Pelajar dan pengajar bisa mengecek apakan bantuan kuota internet dari kemendikbud sudah diterima atau belum.

Berikut cara mengecek kuota belajar dari Kemendikbud untuk operator Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri Indonesia, dan Smartfren:

Tri (3)

Bagi kalian pengguna operator Tri, bisa mengeceknya melalui kode USSD *123*0*10*3#. Pengecekan kuota belajar juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ dengan format SMS "INFO KUOTA" lalu kirim ke 234 untuk memunculkan informasi di kolom "Kuota Aplikasi dan Edukasi".

Telkomsel (Simpati, Kartu As, Loop) 

Untuk pengguna Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U akan menerima notifikasi kuota belajar dari Dapodik Kemendikbud. Kalian juga bisa mengeceknya lewat USSD *888# atau *363# > pilih "Cek Pulsa & Kuota" > pilih "Cek Kuota". 

Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS. Aplikasi myTelkomsel, buka beranda, lalu pilih menu "internet", kemudian akan muncul daftar kuota yang dimiliki.

XL dan Axis

Buat para pelajar yang menggunakan operator seluler XL dan Axis bisa mengecek kuota belajar Kemendikbud lewat USSD *123*7*1#, lalu pilih "Cek Kuota". Pelanggan juga dapat bisa cek kuota tersebut melalui aplikasi myXL, AXISnet atau myXLprio.

Indosat Ooredoo

Menurut situs resmi Indosat Ooredoo, pengguna IM3 Ooredoo dapat mengetahui status dan cek kuota-nya melalui *123*075# atau aplikasi myIM3.

Pengguna juga dapat mengecek melalui akun Official Whatsapp IM3 Ooredoo di bit.ly/im3whatsapp, atau mengunjungi im3ooredoo.com/bantuankuotainternet.

Smartfren

Pelanggan Smartfren yang mendapatkan bantuan Kuota Kemendikbud akan mendapatkan notifikasi SMS. Caranya dengan mengetik *995# pada panggilan telepon.

Bantuan kuota ini dapat dinikmati seluruh nomor prabayar maupun pasca-bayar Smartfren, sesuai ketentuan bantuan kuota internet yang ditetapkan pemerintah.

Rincian Kuota Belajar

Nantinya kuota yang diberikan Kemendikbud tahun ini agak berbeda dengan tahun lalu. Kemendikbud menghapus kuota khusus aplikasi belajar dan hanya memberikan kuota umum yang lebih fleksibel. 

Kuota umum tersebut bisa digunakan untuk mengakses lebih banyak aplikasi. Namun tidak bisa digunakan untuk media sosial dan game. Berikut rincian kuota internet untuk belajar jarak jauh yang diberikan Kemendikbud untuk tahun ini: 

  • Peserta didik PAUD (siswa) 7 GB/bulan 
  • Peserta didik pendidikan dasar dan menengah (siswa) 10 GB/bulan 
  • Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah (guru) 12 GB/bulan 
  • Mahasiswa dan dosen 15 GB/bulan