Cara Cek Jaringan 5G Telkomsel, Indosat dan XL, Sudahkah Tersedia di Kotamu?
Ilustrasi jaringan privat 5G (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang koneksinya 100 kali lebih cepat ketimbang jaringan 4G. Di Indonesia, sejumlah perusahaan telekomunikasi sudah mengusung layanan 5G di lokasi-lokasi tertentu. Lantas, bagaimana cara cek jaringan 5G?

Cara Cek Jaringan 5 G Telkomsel

Dikutip VOI dari laman resmi Tekomsel, Jumat, 14 Oktober 2022, perusahaan operator telekomunikasi ini menyediakan jaringan 5G generasi kelima yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang menggunakan smartphone 5G.

Jaringan 5G Telkomsel beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz). Telkomsel mengklaim jaringan 5G miliknya dapat memberikan kecepatan download hingga 400 Mbps untuk layanan Orbit dan 750 Mbps untuk mobile.

Adapun cara cek jaringan 5G Telkomsel adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi laman https://www.telkomsel.com/check-5G-coverage untuk mengecek cakupan jaringan 5G.
  • Anda akan diarahkan menuju tampilan peta. Jika menggunakan ponsel, Anda bisa mengaktifkan pendeteksian lokasi terlebih dahulu.
  • Apabila fitur pendeteksi lokasi di ponsel sudah aktif, maka portal akan mengarah langsung ke titik lokasi saat ini. Setelah pin lokasi sudah cocok sesuai dengan lokasi Anda, klik tombol ‘Cek’.
  • Jika kalian menggunakan laptop dan fitur pendeteksi lokasi belum aktif, maka masukkan alamat pada kolom search, lalu tekan tombol ‘Cek’.

Situs resmi Telkomsel bakal memberikan notifikasi jika jaringan 5G sudah berada di wilayah Anda. Apabila jaringan generasi kelima tersebut belum tersedia, situs akan memberikan balasan “Maaf, lokasi belum terjangkau 5G”.  

Cara Cek Jaringan 5 G Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo (IST)

Indosat Oredoo sudah meluncurkan jaringan 5G di beberapa kota besar sejak tahun lalu.

Berdasarkan keterangan Indosat melalui laman resminya, jaringan 5G Indosat sudah bisa dinikmati di area Monas (Jakarta), Inner City (Surakarta) Genteng (Surabaya), Gn Bahagia (Balikpapan) dan Pettarani (Makassar).

Cara cek jaringan 5G Indosat yakni:

Apabila wilayah Anda sudah tersedia jaringan 5G, maka peta di sekitar Anda akan bewarna merah. Akan tetapi, jika warna peta kuning, berarti wilayah Anda baru tersedia jaringan 4G.

Cara Cek Jaringan 5G XL

Menyadur situs resmi XL, jaringan 5G XL merupakan penerapan teknologi seluler generasi kelima dengan beberapa potensi pengembangan use case dinikmati pelanggan yang telah menggunakan smartphone 5G yang sudah mendukung jaringan 5G XL di cakupan area khusus.

Layanan 5G milik XL memanfaatkan eksisting spektrum XL Axiata pada band 1800Mhz dan 2100Mhz lewat implementasi feature Dynamic Spectrum Sharing yang memungkinkan penggunaan spectrum bersama antara layanan 4G LTE dan 5G.

Saat ini 5G XL Axiata baru tersedia di spot-spot terbatas. Pelanggan yang telah menggunakan smartphone 5G yang sudah mendukung jaringan 5G XL Axiata di cakupan area khusus ini dapat menikmati layanan 5G.

Layanan 5G saat ini hanya dapat dinikmati oleh pelanggan tertentu baik pelanggan prabayar (XL & AXIS) maupun pelanggan pascabayar (XL Prioritas) yang sudah memenuhi kriteria berikut:

  • Tidak ada requirement khusus untuk simcard, selama Kartu SIM yang digunakan telah mensupport jaringan 4G LTE saat ini (USIM), maka dapat dipastikan SIM tersebut dapat digunakan pada jaringan 5G
  • Menggunakan tipe smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G XL Axiata.
  • Berada di area yang terjangkau layanan 5G XL Axiata
  • Perangkat sudah diaktifkan untuk masuk ke jaringan 5G

Dengan demikian, selama Anda memenuhi kriteria di atas, maka Anda akan secara otomatis dapat merasakan layanan 5G XL.

Demikian informasi seputar cara cek jaringan 5G untuk masing-masing operator telekomunikasi. Semoga bermanfaat!