Bagikan:

JAKARTA - Menjelang peringatan HUT RI ke-79 yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan kesiapan jaringan telekomunikasi di IKN. 

Menurut Nezar, hingga saat ini pemerintah dan pihak terkait masih terus melakukan perbaikan dan pemantauan jaringan yang akan tersedia di IKN saat upacara HUT RI nanti. 

“Bagus, sedang perbaikan terus listrik, jaringan telekomunikasi dan semua supporting system untuk mensukseskan perayaan 17 Agustus di IKN,” kata Nezar usai pembukaan acara Indonesia Internet Expo and Summit (IIXS) 2024 di Jakarta pada Senin, 12 Agustus.

Tidak hanya itu, semua perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia termasuk Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, dan Indosat Ooredoo Hutchison juga sudah menyiapkan jaringan 5G di sekitar wilayah IKN. 

CEO dari PT Smartfren Telco, Merza Fachys, pun memastikan jaringan internet Smartfren berjalan dengan baik. Di mana, katanya, Smartfren akan menyiapkan jaringan 5G untuk masyarakat setempat. 

“IKN jalan, sebentar lagi upacara kan? Ya 5G (jaringan),” kata Merza di acara yang sama. 

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) juga terus meningkatkan kualitas jaringan di area tersebut. Lebih dari itu, XL  turut meningkatkan kualitas jaringan pada titik-titik pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung IKN seperti jalan tol, bandara, rumah sakit, hotel, dan fasilitas pendukung lainnya bekerja sama dengan pihak Otorita IKN.