Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa tidak ada masalah terkait persiapan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan Luhut usai mengunjungi IKN, Kalimantan Timur pada akhir pekan ini untuk mengecek langsung kesiapan IKN dalam penyelenggaran upacara HUT RI pada 17 Agustus.

“Akhir pekan kali ini saya bertolak ke IKN untuk meninjau kesiapan dan persiapan infrastruktur jelang upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI,” tuturnya dikutip dari Instagram resmi @luhut.pandjaitan, Minggu, 11 Agustus,

Luhut mengatakan bahwa mayoritas pembangunan infrastruktur sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Benerapa yang dipersiapkan adalah kawasan inti pusat nasional dan bandara IKN.

“Saya melihat mayoritas pembangunan infrastruktur sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Infrastruktur jalan dan objek vital nasional seperti Bandara dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, terus dipersiapkan dengan matang,” tuturnya.

Luhut mengatakan keduanya perlu dipersiapkan dengan matang karena IKN akan kedatangan sebanyak 2.800 orang tamu pada HUT ke-79 RI.

“Hal ini dimaksudkan agar seluruh elemen utama dan pendukung berlangsungnya acara, siap menampung jumlah peserta upacara peringatan HUT RI. Diperkirakan akan ada 2.800 orang tamu undangan yang hadir pada acara pagi dan sore hari,” katanya.

“Saya melihat besarnya optimisme yang hadir menyelimuti persiapan acara HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN sebagai pertanda baik, yang akan membawa bangsa ini memasuki era transformasi yang berkelanjutan menuju cita-cita besar bangsa, Indonesia yang maju dan berdaya saing,” sambungnya.

Di sisi lain, Luhut mengatakan kedatangannya ke IKN bukan hanya untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI, tetapi juga untuk menghadiri sidang kabinet parupurna tahun ini.

“(Termasuk untuk) peringatan upacara detik-detik Proklamasi sekaligus menghadiri Sidang Kabinet Paripurna tahun ini yang digelar dengan cara sedikit berbeda yakni berlangsung di dua tempat, Jakarta dan IKN,” jelasnya.