Bagikan:

JAKARTA - Airlangga Hartarto secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Dia mengklaim pengunduran dirinya untuk menjaga stabilitas transisi pemerintahan.

“Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan yang Maha Besar, maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” ujar Airlangga melalui video resmi, Minggu, 11 Agustus.

Airlangga mengatakan pengunduran dirinya dari pucuk pimpinan partai berlambang pohon beringin ini terhitung sejak Sabtu, 10 Agustus lalu.

Lebih lanjut, dia bilang, Partai Golkar juga akan menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART yang berlaku.

“Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar,” jelasnya.

Airlangga pun menegaskan demokrasi harus terus dikawal dan partai politik adalah pilar utama demokrasi. Kata dia, selama 60 tahun Partai Golkar telah membuktikan itu.

Dalam Pileg 2024, sambung dia, Partai Golkar telah bersama-sama menaikkan pencapaian dengan merebut 102 kursi DPR RI, serta ratusan, bahkan ribuan kursi parlemen di berbagai tingkat pemerintahan dari Sabang sampai Merauke.

Sementara pada Pilpres 2024, Partai Golkar juga berhasil memberi kontribusi besar dalam kemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Mereka akan melanjutkan kepemimpinan negara untuk semakin mempercepat lagi langkah kita dalam memajukan seluruh bangsa Indonesia,” katanya.

Airlangga juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin. Termasuk kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Airlangga juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para senior Partai Golkar, khususnya kepada Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Luhut Binsar Panjaitan, Akbar Tanjung, Agung Laksono serta Muhamad Hatta.

“Sebagai seorang pribadi, bersama seluruh keluarga saya, dari hati yang terdalam, saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada begitu banyak pihak yang telah bekerja sama dan membantu membesarkan partai yang kita cintai bersama,” tuturnya.

Airlangga juga mengingatkan jajaran pengurus DPP Partai Golkar, serta kepada seluruh pimpinan partai kita di tingkat provinsi, kota dan kabupaten, untuk dapat terus menjaga soliditas dan kesinambungan Partai Golkar ini.

“Khususnya kepada para kader dan simpatisan Partai Golkar, saya mengimbau untuk terus merawat partai kita dengan penuh semangat dan optimisme. Saya yakin, Partai Golkar akan terus melangkah ke depan dan memberi kontribusi positif bagi Tanah Air yang kita cintai,” ujarnya.