Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Agung Laksono mengaku sudah mengetahui kabar mundurnya Airlangga Hartarto dari Ketua Umum DPP Partai Golkar.

“Ya saya sudah dengar, saya masih dengar keterangan-keterangan yang lain,” ujar Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Agung Laksono kepada wartawan, Minggu, 11 Agustus.

Berdasarkan video resmi yang beredar, Airlangga mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum DPP Partai Golkar terhitung sejak Sabtu, 10 Agustus.

Airlangga mengatakan, keputusan untuk mundur dari jabatan pucuk pimpinan Partai Golkar diambil setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat.

“Maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan yang Maha Besar, maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam, yaitu Sabtu, 10 Agustus 2024,” ujar Airlangga dalam video.

Lebih lanjut, Airlangga juga bilang setelah pengunduran dirinya, Partai Golkar akan menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART.

“Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar,” jelasnya.

Airlangga juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin. Termasuk kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

“Kepada para senior Golkar, khususnya Bapak Jusuf Kalla, Bapak Aburizal Bakrie, Bapak Luhut Binsar Panjaitan, Bapak Akbar Tanjung, Bapak Agung Laksono serta Bapak Muhamad Hatta, saya juga mengucapkan beribu terima kasih atas kerjasama, dukungan, dan bimbingan yang diberikan kepada kami,” katanya.

Airlangga juga mengingatkan jajaran pengurus DPP Partai Golkar, serta kepada seluruh pimpinan partai kita di tingkat provinsi, kota dan kabupaten, untuk dapat terus menjaga soliditas dan kesinambungan Partai Golkar ini.

“Khususnya kepada para kader dan simpatisan Partai Golkar, saya menghimbau untuk terus merawat partai kita dengan penuh semangat dan optimisme. Saya yakin, Partai Golkar akan terus melangkah ke depan dan memberi kontribusi positif bagi Tanah Air yang kita cintai,” ujarnya.