Bagikan:

JAKARTA - Upacara hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang akan digelar di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

"Iya sebagian (upacara) di IKN, sebagian di sini (Jakarta). (Di IKN) Pak Presiden yang memimpin. Pak Wapres yang di sini (Jakarta)," kata Menko PMK, Muhadjir Effendy setelah rapat persiapan upacara HUT Kemerdekaan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 10 Juni.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin akan didampingi oleh presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2024 saat upacara di masing-masing lokasi.

"Nanti Pak Wapres terpilih dampingi wapres, presiden terpilih akan dampingi presiden," sambung Muhadjir.

Selain keduanya, Jokowi juga meminta agar para tokoh nasional dipastikan diundang untuk menghadiri upacara kemerdekaan tersebut.

"(Undangan untuk mantan presiden) itu masih diusulkan. Tadi Pak Presiden merekomendasikan para tokoh-tokoh apakah di sini (Jakarta) dan IKN. Belum ada daftarnya, mungkin akan dipecah dua. Termasuk upacara di Taman Makam Pahlawan di Kalibata dan IKN Memorial," jelas Muhadjir.