Bagikan:

BADUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas angkat suara terkait jumlah pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan mengikuti upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melangsungkan pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Kami belum tahu (jumlah ASN yang ikut upacara) karena itu bisa skenario penuh, bisa separuh," ujar MenPAN-RB di Denpasar, Bali, Selasa, 21 Mei.

Anas menilai, penetapan jumlah ASN yang bakal mengikuti upacara tersebut menjadi wewenang dari Kementerian Sekretariat Negara.

"Kementerian Sekretariat Negara yang punya kewenangan," imbuhnya.

Sementara itu, Anas menyebut bahwa pemindahan ASN ke IKN untuk tahap awal bakal dilakukan setelah upacara HUT RI Ke-79 di IKN.

"Arahan Presiden (pemindahan ASN) mungkin setelah upacara, ya," tuturnya.

Nantinya, kata Anas, pemindahan ASN ke IKN bakal dilakukan dengan empat skenario.

Pemindahan ini pun menyesuaikan dengan hunian yang ada di IKN.

"Kami telah membuat beberapa skenario untuk (pemindahan) ASN ke IKN. Tentu, terakhir disesuaikan dengan kesiapan hunian untuk ASN. Pertama skenario 14.000, skenario 11.000, skenario 6.000 dan terakhir skenario 3.216. Nanti, kami sesuaikan dengan hunian di IKN," imbuhnya.