Menteri Nadiem Kembali Salurkan Bantuan Kuota Belajar Gratis Selama 3 Bulan, Dari 7-15 GB
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Foto: DOK VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim resmi memperpanjang pemberian bantuan kuota internet gratis untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Nadiem menuturkan, bantuan kuota belajar akan disalurkan pada bulan September hingga November 2021 kepada siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

"Kita akan ada skema lanjutan bantuan dari Kemendikbudristek. Pada September, Oktober, dan November 2021 kami akan menyalurkan Rp2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data internet bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru dan dosen," kata Nadiem dalam konferensi pers virtual, Rabu, 4 Agustus.

Nadiem menjelaskan, besaran bantuan untuk siswa PAUD sebesar 7 GB per bulan dan siswa pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10 GB per bulan.

Kemudian, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah memperoleh 12 GB per bulan. Sementara, mahasiswa dan dosen memperoleh 15 GB per bulan.

"Kami akan menyalurkan bantuan subsidi kuota ini pada tanggal 11 sampai 15 di bulan September, pada tanggal 11 dan 15 di bulan Oktober, dan pada tanggal 11 dan 15 bulan November 2021. Kuota data ini akan berlaku selama 30 hari sejak diterima," jelas dia.

Berikut cara mengecek kuota belajar dari Kemendikbud untuk operator Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri Indonesia, dan Smartfren:

-Tri (3)

Bagi kalian pengguna operator Tri, bisa mengeceknya melalui kode USSD *123*0*10*3#. Pengecekan kuota belajar juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ dengan format SMS "INFO KUOTA" lalu kirim ke 234 untuk memunculkan informasi di kolom "Kuota Aplikasi dan Edukasi"

-Telkomsel (Simpati, Kartu As, Loop)

Untuk pengguna Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U akan menerima notifikasi kuota belajar dari Dapodik Kemendikbud. Kalian juga bisa mengeceknya lewat USSD *888# atau *363# > pilih "Cek Pulsa & Kuota" > pilih "Cek Kuota".

Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS. Aplikasi myTelkomsel, buka beranda, lalu pilih menu "internet", kemudian akan muncul daftar kuota yang dimiliki.

-XL dan Axis

Buat para pelajar yang menggunakan operator seluler XL dan Axis bisa mengecek kuota belajar Kemendikbud lewat USSD *123*7*1#, lalu pilih "Cek Kuota". Pelanggan juga dapat bisa cek kuota tersebut melalui aplikasi myXL, AXISnet atau myXLprio.

-Indosat Ooredoo

Menurut situs resmi Indosat Ooredoo, pengguna IM3 Ooredoo dapat mengetahui status dan cek kuota-nya melalui *123*075# atau aplikasi myIM3. Pengguna juga dapat mengecek melalui akun Official Whatsapp IM3 Ooredoo di bit.ly/im3whatsapp, atau mengunjungi im3ooredoo.com/bantuankuotainternet. 

-Smartfren

Pelanggan Smartfren yang mendapatkan bantuan Kuota Kemendikbud akan mendapatkan notifikasi SMS. Caranya dengan mengetik *995# pada panggilan telepon. Bantuan kuota ini dapat dinikmati seluruh nomor prabayar maupun pascabayar Smartfren, sesuai ketentuan bantuan kuota internet yang ditetapkan pemerintah.