Menko PMK Muhadjir: Sampai Kapan pun, Indonesia akan Selalu Dirundung Bencana
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Wardhani Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) BMKG yang digelar secara virtual, Kamis, 29 Juli.

Dalam paparannya, Muhadjir menyebut Indonesia yang berada di daerah kincir padi atau ring of fire. Sehingga, bencana di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan.

"Sampai kapan pun, Indonesia akan selalu dirundung bencana," ujar Muhadjir.

Muhadjir juga menjelaskan, tentang kondisi bencana selama dua tahun terakhir ini yang menimpa Indonesia. Tercatat sepanjang 2020, jumlah bencana di Indonesia sebanyak 2.952 kejadian.

Sementara di 2021 ini, berdasarkan data yang sampai dengan Juni 2021 telah terjadi 1.500 kejadian bencana. Di mana 99 persen adalah merupakan bencana hidro meteorologi.

"Selain bencana alam, pada tanggal 13 April 2020 pemerintah telah menetapkan penyebaran COVID-19 sebagai bencana nasional non-alam," katanya.

Muhadjir juga menyebut, bangsa Indonesia saat ini dan kedepan ditakdirkan untuk siap menghadapi bencana yang sangat kompleks.

"Karena itu siaga bencana, tanggap bencana, sampai konstruksi bencana adalah suatu hal yang harus menjadi perhatian budaya dan tanggungjawab seluruh rakyat Indonesia bersama-sama," kata Muhadjir.