China Berencana Luncurkan 100 Roket ke Luar Angkasa dalam Setahun
China akan luncurkan 100 roket dalam setahun (The Verge)

Bagikan:

JAKARTA – China siap terbangkan roket luar angkasanya untuk yang kelima kalinya. Pemerintah China memprediksi permintaan peluncuran roket komersial akan semakin meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

China akan meluncurkan roket di Ningbo, Zhejiang. Kota itu telah berinvestasi untuk peluncuran roket sebanyak 20 miliar yuan (sekitar Rp 42 triliun). Tempat peluncuran roket kelima itu bernama “Elephant Hill”.

Rencananya, pemerintah China akan menerbangkan roket sebanyak 100 misi setiap tahunnya, sebagaimana yang dilansir dari Reuters, Kamis, 8 April.

Lokasi Elephant Hill berada di garis lintang yang sangat bagus untuk meluncurkan roket seperti tempat peluncuran roket di Cape Canaveral, Florida, AS. Saat ini China sudah memprediksi dalam 10 tahun mendatang, satelit komersial akan menawarkan layanan internet high speed untuk pesawat terbang dan pengiriman logistik serta pelacakannya.  

Permintaan peluncuran roket untuk satelit komersial akan terus meningkat. Oleh karena itu China merancang roket yang berukuran sangat besar hingga mampu membawa satelit lebih banyak. Mereka juga akan membangun tempat peluncuran yang lebih banyak dari saat ini.

Kini China sudah memiliki 4 tempat peluncuran roket luar angkasa, 3 di daerah pedalaman dan sisanya berlokasi di pulau selatan Hainan. China sudah berhasil meluncurkaan 39 misi selama tahun 2020.

Mereka juga berhasil mengirimkan robot penjelajahnya ke planet Mars. Pada tahun 2021 ini, China diprediksi akan meuncurkan 40 roket luar angkasanya. Dalam beberapa tahun ke depan, China berencana meluncurkan sekitar 1.000 satelitnya ke orbit rendah Bumi.