Pengguna Clubhouse Bisa Hasilkan Uang dengan Gampang, Begini Caranya
Cara menghasilkan uang dari Clubhouse (Tech Crunch)

Bagikan:

JAKARTA – Akhirnya aplikasi Clubhouse menerapkan fitur monetisasi untuk konten kreator di platformnya. Itu artinya, para pembuat konten akan bisa menghasilkan uang dari Clubhouse.

Perusahaan pengembang platform tersebut secara terang-terangan tidak akan mengambil uang sepeser pun dari fitur pembayaran tersebut. Uang yang didapat pembuat konten akan masuk seratus persen ke kantong konten kreator itu sendiri.

Fitur pembayaran dalam aplikasi berbasis audio itu sudah bisa digunakan pada pekan ini. Sebelum itu terjadi, Clubhouse akan mengujicoba fitur pembayaran ini ke dalam grup kecil. Baru setelah itu, perusahaan akan meluncurkannya untuk pengguna Clubhouse global.

Ketika fitur pembayaran Clubhouse itu sudah diaktifkan oleh pengguna, maka pengguna hanya perlu menekan opsi “Send Money”. Uang pun akan terkirim langsung ke pembuat konten.

cara mendapat uang dari Clubhouse (Forbes)

Dalam mengadakan fitur pembayaran ini, Clubhouse bermitra dengan layanan pembayaran bernama Stripe yang akan mengambil sedikit biaya untuk memproses kartu kecil sebagaimana yang dilansir The Verge, Selasa 5 April.

Aplikasi Clubhouse mendapatkan popularitasnya setelah orang-orang berpengaruh salah satunya adalah Elon Musk turut mengisi acara yang diselenggarakan melalui aplikasi tersebut. Room dalam aplikasi tersebut membludak sehingga perusahaan terpaksa memindahkannya ke kanal YouTube.

Berbeda dengan aplikasi lain, pengguna Clubhouse tidak akan menemukan tayangan iklan dalam aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa mengunduhnya secara gratis di App Store.

Sebenarnya, metode pembayaran ini lebih menyerupai mekanisme pembelian tiket untuk menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh konten kreator. Metode seperti ini dimanfaatkan oleh bos Clubhouse, Paul Davison untuk menerapkan monetisasi dalam platformnya.

“Ada banyak orang hebat yang pintar, lucu, ahli di bidangnya, hebat untuk menyatukan orang. Dan yang kami inginkan membiarkan mereka hidup dari Clubhouse dengan berlangganan dan tiket acara atau mendapatkan tip dari pendengar yang senang membayar langsung untuk pengalaman yang dibuat (oleh kreator konten),” ujar Davison dalam sebuah kesempatan.