Bagikan:

JAKARTA - Apple telah menghapus aplikasi Current Time dari versi Rusia App Store setelah otoritas setempat mengklaim aplikasi tersebut memuat konten "tidak diinginkan".

Current Time adalah layanan media independen berbahasa Rusia yang dikelola oleh Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE/RL), dan penghapusan ini dilakukan atas perintah Roskomnadzor, badan pengawas media Rusia.

Menurut RFE/RL, Apple memberi tahu pengembang aplikasi bahwa badan tersebut menyatakan aplikasi mengandung konten ilegal dan berasal dari organisasi yang "tidak diinginkan".

RFE/RL adalah organisasi independen yang didanai oleh hibah dari US Agency for Global Media, yang bertujuan menyiarkan media independen di negara-negara yang membatasi pelaporan bebas, termasuk Rusia.

Penghapusan ini terjadi setelah siaran televisi Current Time dihentikan di Rusia karena tekanan dari pemerintah melalui Federal Tax Service, yang mengancam untuk membuat organisasi tersebut bangkrut. Kini, siaran tersebut hanya bisa diakses melalui aplikasi yang sekarang juga telah dihapus.

Langkah ini mencerminkan upaya Rusia yang semakin gencar menekan media independen sejak invasinya ke Ukraina pada 2022. Apple menanggapi kritik terkait penghapusan ini dengan mengatakan bahwa mereka harus mematuhi hukum di negara-negara tempat mereka beroperasi.