Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Apple telah menghapus beberapa aplikasi VPN dari App Store di Rusia, atas permintaan pengawas komunikasi pemerintah negara Rusia, Roskomnadzor. 

Berdasarkan informasi dari kantor berita Rusia, Interfax, Apple telah menghapus setidaknya 25 VPN dari App Store di negara tersebut. 

Hal ini juga disampaikan langsung oleh salah satu perusahaan VPN Rusia yaitu Red Shield, yang mengatakan bahwa aplikasi mereka akan dihapus oleh Apple, sesuai dengan permintaan Roskomnadzor. 

“Apple, atas permintaan Roskomnadzor, menghapus aplikasi Red Shield VPN dari App Store Rusia. Kami mengetahui setidaknya ada satu aplikasi VPN lain yang dihapus bersamaan dengan aplikasi kami,” tulis perusahaan di X. 

Sumber lain, yang mengaku mengenal beberapa pengembang aplikasi terlarang, memberikan surat yang sama kepada TechCrunch

Kendati demikian, surat tersebut tidak memberikan alasan khusus terkait penghapusan aplikasi tersebut, tetapi menegaskan bahwa permintaan penghapusan Roskomnadzor diizinkan oleh pasal tertentu dalam hukum federal Rusia.  

“Aplikasi harus mematuhi semua persyaratan hukum di lokasi mana pun Anda menyediakannya (jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada pengacara). Kami tahu hal ini rumit, namun Anda bertanggung jawab untuk memahami dan memastikan aplikasi Anda mematuhi semua undang-undang setempat,” lanjut perusahaan. 

Meskipun aplikasi ini telah dihapus dari App Store Rusia, aplikasi tersebut masih tersedia di App Store untuk wilayah lain yang Anda pilih di App Store Connect.