Apple Gugat FAS dalam Sengketa Ekonomi Terkait Pembayaran Alternatif App Store
Apple gugat layanan anti-monopoli Rusia. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah memulai proses hukum terhadap regulator anti-monopoli Rusia dalam perselisihan mengenai opsi pembayaran alternatif pada platform App Store-nya. Proses ini dilaporkan oleh kantor berita RIA pada Minggu 5 Desember yang mengutip pengajuan gugatan di pengadilan.

Rusia membuka kasus antimonopoli terhadap Apple pada akhir Oktober lalu,  yang menuduhnya gagal mengizinkan pengembang aplikasi memberi tahu pelanggan tentang opsi pembayaran alternatif saat menggunakan App Store-nya. Dikatakan Apple bisa menghadapi denda berdasarkan pendapatannya di Rusia jika terbukti bersalah.

Dalam dokumen yang diterbitkan pada 1 Desember, Pengadilan Arbitrase Moskow mencantumkan Apple sebagai penggugat dan Layanan Anti-monopoli Federal Rusia (FAS) sebagai tergugat dalam "sengketa ekonomi atas hubungan hukum administratif."

Apple, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters, menuntut dokumen tambahan ditambahkan ke kasus ini pada 2 Desember, seperti dilaporkan RIA.

Forbes Rusia mengutip perwakilan FAS yang mengatakan bahwa proses terkait dengan peringatan yang dikeluarkan pada 30 Agustus atas dugaan kegagalan Apple untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka juga dapat membayar pembelian di luar App Store. FAS tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Apple menghadapi penolakan atas aturan App Store di Amerika Serikat pada bulan September ketika seorang hakim federal mengeluarkan keputusan yang memaksa perusahaan untuk mengizinkan pengembang mengirim pengguna mereka ke sistem pembayaran lain.