Bagikan:

 

JAKARTA – Secara mengejutkan, aplikasi WhatsApp dan Threads menghilang dari App Store, toko aplikasi buatan Apple. Rupanya, dua aplikasi ini sengaja dicabut oleh Apple untuk mencegah pemasangan baru.

Mengutip dari laporan Wall Street Journal, dua platform itu dihapus atas permintaan pemerintah China. Regulator internet di negara tersebut mengatakan kepada Apple bahwa Threads dan WhatsApp tidak boleh diunduh atas dasar keamanan.

Sebenarnya, Apple tidak setuju dengan perintah tersebut karena mereka telah membatasi hak pengguna. Namun, Apple mengatakan kepada 9to5mac bahwa, "Kami berkewajiban untuk mengikuti hukum di negara tempat kami beroperasi."

Jika tidak menuruti perintah dari pemerintah China, Apple akan menghadapi masalah yang sangat serius. Ponsel mereka memang tidak dilarang secara hukum untuk beroperasi, tetapi China bisa memaksa Apple untuk menutup App Store.

"Administrasi Dunia Maya China memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari etalase China berdasarkan masalah keamanan nasional mereka. Aplikasi ini tetap tersedia untuk diunduh di semua etalase lain tempat aplikasi tersebut muncul," jelas Apple.

China sudah melarang akses ke layanan Meta sejak lama, tetapi aplikasi seperti Threads dan WhatsApp masih tersedia di App Store untuk waktu yang lama. Dua aplikasi tersebut bisa diunduh jika pengguna memakai layanan VPN dan mengubah lokasi.

Setelah menghilang dari App Store, pengguna iPhone di China tidak bisa mengunduh aplikasi buatan Meta kembali. Namun, jika mereka sudah memiliki aplikasinya, kemungkinan besar Threads dan WhatsApp masih bisa beroperasi menggunakan VPN.