Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika mau membeli ponsel dari Apple, sebagian orang akan mempertimbangkan apakah membeli iPhone iBox atau inter. Namun masih banyak yang belum tahu perbedaan iPhone iBox dan inter. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. 

Pilihan iPhone iBox dan inter kerap kali bikin dilema para pencari iPhone bekas. Ponsel iPhone bekas masih banyak diburu karena kualitasnya masih sangat mumpuni. Sayangnya harga jual iPhone second tetap cenderung lebih mahal dibandingkan ponsel merek-merek lainnya. 

Kendala biaya tersebut yang sering membuat seseorang lebih memilih iPhone eks inter dibandingkan iBox. Namun terdapat kekurangan tersendiri dari eks inter yang perlu dipahami sebelum membeli biar nggak kecewa. Oleh karena itu, mari kenali lebih dulu perbedaan iPhone iBox dan inter serta plus dan minusnya. 

Perbedaan iPhone iBox dan Inter

Saat mencari iPhone bekas, kamu akan menemukan dua opsi, yaitu iPhone iBox dan iPhone inter. Apa itu iPhone iBox? iBox adalah reseller resmi Apple di Indonesia yang menjual produk-produk Apple dan berbagai aksesorisnya.

Sementara itu, istilah iPhone inter berasal dari kata "internasional" yang berarti perangkat ini didapatkan melalui jalur non-resmi dan merupakan produk impor dalam jumlah besar. Singkatnya, iPhone inter adalah iPhone bekas yang berasal dari pasar internasional.

Sebelum membeli ponsel iPhone, pastikan Anda memahami perbedaan keduanya agar bisa memilih sesuai preferensi. Berikut ini sejumlah perbedaan iPhone iBox dan inter yang harus dikenali agar tidak nyesel setelah beli:

Garansi

iBox menjual iPhone langsung dari Apple, sehingga pembeli akan mendapatkan garansi resmi dari Apple. Berbeda dengan iPhone inter, perangkat ini tidak memiliki garansi di Indonesia karena dibeli melalui jalur non-resmi.

Kode Negara

iPhone yang dijual oleh iBox atau toko resmi memiliki kode regional negara di dalam bodinya. Untuk regional Indonesia, kode yang biasanya digunakan yaitu PA/A, ID/A, dan FE/A. Selain itu, bagian luar iPhone iBox juga terdapat tanda bernama green peel yang menunjukkan informasi mengenai ponsel yang akan dibeli. 

Sementara itu, iPhone ex internasional memiliki kode region berbeda. Anda tidak akan menemukan kode seperti yang disebutkan di atas sebagai penanda regional Indonesia. Ponsel iPhone ex inter hanya menampilkan kode negara dari dimana ponsel tersebut dibeli. Selain itu, green peel biasanya juga tidak terdapat di iPhone ex inter. 

SIM Card

Pengguna iPhone dari iBox bisa menggunakan kartu SIM dari berbagai provider di Indonesia tanpa masalah. Sebaliknya, iPhone ex inter tidak selalu kompatibel dengan penyedia layanan seluler di Indonesia.

Harga

Inilah perbedaan yang paling mencolok. Harga iPhone dari iBox cenderung lebih tinggi. Ponsel iPhone yang dibeli melalui distributor resmi biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi. Hal ini karena iPhone yang dijual di iBox sudah dilengkapi dengan garansi resmi dari produsen serta toko, dan dijamin dalam kondisi baru.

Sementara itu iPhone ex inter biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga menarik lebih banyak pengguna untuk memilihnya. Namun dengan harga yang lebih murah, pengguna harus tetap berhati-hati terhadap kemungkinan kerusakan, mengingat statusnya sebagai barang bekas.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone iBox dan Inter

iPhone iBox memiliki kelebihan utama berupa garansi resmi dari Apple, sehingga pengguna mendapatkan jaminan layanan purna jual yang lebih baik. Ponsel iPhone dari iBox juga selalu dalam kondisi baru, sehingga kualitasnya lebih terjamin. Namun kelemahannya adalah harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan iPhone lainnya.

Sementara itu, iPhone inter atau ex internasional memiliki kelebihan dalam hal harga yang lebih terjangkau. Namun kekurangannya adalah tidak adanya garansi resmi di Indonesia. Jadi pemilik ponsel ini berisiko mengalami ketidakcocokan dengan provider seluler lokal dan potensi masalah lainnya karena statusnya sebagai produk bekas.

Demikianlah beberapa perbedaan iPhone ibox dan inter yang perlu Anda tahu sebelum membelinya. Jika ingin lebih terjamin keamanannya dan tidak berisiko, sebaiknya pilih ponsel iPhone dari iBox. Baca juga kapan iPhone 16 meluncur di Indonesia?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.