Bagikan:

JAKARTA – Airbnb, platform pemesanan akomodasi, meluncurkan fitur baru yang disebut Co-Host. Fitur ini dirilis agar tuan rumah bisa mencari rekan yang dapat mengatur iklan, mengelola pemesanan, dan lainnya.

Ada lebih dari 10.000 rekan Co-Host yang tersedia di 10 negara yang bisa ditemukan di Airbnb. Platform ini akan menampilkan rekomendasi Co-Host berdasarkan puluhan faktor. Harapannya, tuan rumah bisa menemukan rekan yang tepat. 

"Algoritme peringkat yang kami personalisasikan merekomendasikan daftar rekan tuan rumah berdasarkan lebih dari 80 faktor, termasuk lokasi, pengalaman menjadi tuan rumah, dan jenis rumah. Anda akan melihat profil dan ulasan mereka," ujar Airbnb. 

Jika tuan rumah sudah menemukan rekan Co-Host yang diinginkan dan melakukan proses penyewaan, Airbnb akan mengakomodasikan seluruh kebutuhan untuk bekerja sama. Host dan Co-Host bisa terhubung melalui pesan langsung, kalender, riwayat pembayaran, dan lainnya. 

Fitur Co-Host resmi diluncurkan pada Rabu, 16 Oktober. Untuk saat ini, fitur ini bisa diakses melalui aplikasi dan situs web Airbnb di 10 negara, yaitu Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Meksiko, Spanyol, Inggris, dan AS. 

Selain menghadirkan fitur Co-Host, Airbnb juga menghadirkan lebih dari 50 peningkatan, di antaranya tur pemandu untuk pengguna aplikasi baru, saran destinasi bagi pengguna, filter pencarian yang didesain ulang, dan sorotan daftar yang lebih dipersonalisasi.

Proses pembayaran di Airbnb juga telah diperbarui. Halaman pembayaran menjadi lebih sederhana, tetapi sudah mencakup seluruh detail utama yang dibutuhkan. Tersedia juga pembayaran lokal di beberapa negara seperti MoMo di Vietnam dan Vipps di Norwegia.